Bengkalis

Dapat Pengaduan Masyarakat Soal Calo Pembuatan e-KTP, Disdukcapil Bengkalis Lakukan Penyelidikan

Disdukcapil Bengkalis mendapatkan pengaduan dari masyarakat adanya calo dan pungutan dalam penerbitan Elektronik KTP.

Dapat Pengaduan Masyarakat Soal Calo Pembuatan e-KTP, Disdukcapil Bengkalis Lakukan Penyelidikan
KOMPAS/WISNU WIDIANTORO
ilustrasi 

Dapat Pengaduan Masyarakat Soal Calo Pembuatan e-KTP, Disdukcapil Bengkalis Lakukan Penyelidikan 

TRINBUNBENGKALIS.COM, BENGKALIS - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Bengkalis sedang melakukan penyelidikan di internalnya.

Penyebabnya, belakangan ia mendapatkan pengaduan dari masyarakat adanya calo dan pungutan dalam penerbitan Elektronik KTP di Bengkalis yang diduga melibatkan petugas.

Hal ini diungkap Kepala Disdukcapil Bengkalis Renaldi kepada awak media pada akhir pekan ini.

Menurut Renaldi pihaknya akan menindak tegas oknum petugas yang terlibat menjadi calo dalam proses penerbitan E KTP dan memungut biaya kepada masyarakat.
"Saat ini kami masih dalam proses penyelidikan untuk menemukan oknum pelakunya. Karena ini terkait dengan sistem tidaklah mudah seperti yang dibayangkan, keterbatasan informasi pengaduan yang kami peroleh menyebabkan memerlukan waktu," ungkapnya.
Renaldi juga mengimbau, kerja sama kepada masyarakat yang mengurus E-KTP untuk menyampaikan informasi yang jelas jika ada pungutan maupun calo saat mengurus KTP mereka.
Kerjasama dimaksud yakni memberikan imformasi yang jelas seperti siapa calonya dan oknum, karena selama ini pengaduan sangat sedikit, sehingga cukup sulit untuk segera diambil langkah tegas.

"Kami sangat berharap ada yang menyampaikan siapa calonya dan disampaikan hal itu.
Tujuannya untuk mencari oknum atau pelaku sehingga akan lebih cepat ditindak tegas.
Kami sangat minim informasi, selama ini yang ada hanya sekedar pengaduan, kami tidak mengatakan pengaduan itu bohong, dengan hanya informasi yang sangat sedikit kami menjadi sulit untuk segera menemukan siapa oknum Dukcapil yang melakukan," terang Renaldi.

Dalam penyelidikan yang dilakukan pihaknya untuk mengetahui calo melibatkan oknum petugas Didukcapil, pihaknya juga melakukan pengecekan ke dalam sistem, dimana munculnya ID siluman yang sengaja menyetak E-KTP bekerjasama dengan calo.
"Saat ini kami melakukan pengecekan ke dalam sistem, dimana munculnya ID siluman dan sengaja menyetak E-KTP bekerja sama dengan calo itu. Untuk itu butuh waktu untuk mengetahuinya," tandasnya. (Tribunpekanbaru.com/Muhammad Natsir)
Penulis: Muhammad Natsir
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved