Dumai

NEWS VIDEO: Kembangkan UMKM di Dumai, Pertamina Kenalkan Rumah Kreatif BUMN

Setelah melihat produk-produk didalam Rumah Kreatif BUMN, M. Dharmariza mengungkapkan, Program RKB hadir untuk menjadi wadah bagi para pelaku UMKM

TRIBUNDUMAI.COM, DUMAI- Pertamina RU II Dumai gelar Soft launching Rumah Kreatif BUMN (RKB)  pada Kamis (21/10/2019).

Acara itu dihadiri oleh Wakil Walikota Dumai Eko Suharjo dan General Manager Pertamina RU II M. Dharmariza. 

Setelah melihat produk-produk didalam Rumah Kreatif BUMN, M. Dharmariza mengungkapkan,  Program RKB hadir untuk menjadi wadah bagi para pelaku UMKM untuk berkumpul dan mengembangkan diri.

Dengan demikian, para pelaku UMKM bisa memiliki daya saing dan mampu bersaing serta menjawab tantangan perkembangan industri. 

Secara umum, tambahnya, telah terdapat lebih dari 200 RKB di seluruh Indonesia. Khusus untuk Pertamina mengelola 29 RKB di berbagai titik di Indonesia, termasuk di Kota Dumai. 

"RKB hadir untuk semakin memeriahkan geliat dunia UMKM di negara kita. Berbagai kegiatan akan dilaksanakan di lokasi ini. Tidak hanya menjadi selling point produk UMKM, dengan fasilitas ruang kelas dan diskusi para pelaku UMKM dapat pula mengikuti berbagai pelatihan bisnis dari pengembangan produk hingga strategi pemasaran," ungkap Dharmariza. 

Lebih lanjut dijelaskannya,  para pelaku UMKM yang dapat bergabung di RKB Dumai tidak terbatas hanya mitra binaan Pertamina saja.

Akan tetapi RKB Dumai adalah tempat belajar yang terbuka bagi seluruh pelaku UMKM yang memiliki keinginan untuk mengembangkan bisnis dan meluaskan jejaring khususnya dengan sesama pelaku UMKM. 

Diakuinya, Lokasi SPBU Pertamina Puteri Tujuh pun sengaja dipilih dengan alasan selain sebagai lokasi bisnis Pertamina, dengan posisi yang tepat di jantung Kota Dumai, diharapkan RKB Dumai dapat lebih mudah diakses oleh para pengunjung. 

"Kami berharap RKB Dumai sebagai selling point produk UMKM Kota Dumai dapat lebih mudah diakses oleh warga Dumai maupun para pendatang. Dengan demikian, InsyaAllah dapat membantu para pelaku UMKM yang bergabung dengan RKB Dumai khususnya dalam hal penjualan produk", imbuhnya.

Sementara, Wakil Walikota Dumai Eko Suharjo mengungkapkan,  keberadaan RKB Dumai menjadi penunjang atas program pemerintah yang selama ini dijalankan untuk juga mengembangkan UMKM. 

Diakuinya, selama ini Pemerintah Kota Dumai telah jalankan berbagai pelatihan-pelatihan untuk meningkatkan kapasitas pelaku UMKM. Sejalan dengan peningkatan kapasitas tersebut, kehadiran RKB Dumai ini dapat menjadi angin segar bagi pelaku usaha yang selama ini masih sulit memasarkan produk. 

Dengan lokasi yang padat lalu lintas kendaraan, tambahnya, RKB Dumai ini diyakini  dapat pula menjadi sentra oleh-oleh baru Kota Dumai. 

"Luar biasa Pertamina sudah memulai menyediakan outlet bagi UMKM Kota Dumai. Semoga langkah ini dapat diikuti pihak lain sehingga tercipta sinergi yang lebih baik," pungkasnya.

Penulis: Donny Kusuma Putra
Editor: David Tobing
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved