Pangdam I Bukit Barisan Lepas Satgas Perbatasan RI ke Kalimantan Barat

Pangdam I/BB, Mayjen TNI M Sabrar Fadhilah, melepas pasukan Yonif 133/YS yang bertugas sebagai Satgas Perbatasan RI di Kalimantan Barat.

Pangdam I Bukit Barisan Lepas Satgas Perbatasan RI ke Kalimantan Barat
tribun pekanbaru
Pangdam I/BB Mayjen M Sabrar Fadhilah, memimpin upacara pemberangkatan Satgas Pamtas RI-Malaysia dari Yonif 133/YS, Senin (25/11) di Pelabuhan Pelindo Dumai. 

tribunpekanbaru.com - Panglima Daerah Militer (Pangdam) I/Bukit Barisan (BB), Mayjen M Sabrar Fadhilah, memimpin upacara pemberangkatan Satgas Pengamanan Perbatasan (Pamtas) RI-Malaysia dari Yonif 133/YS (Yudha Sakti). Satgas ini akan bertugas di wilayah perbatasan RI di Kalimantan Barat.

Upacara pemberangkatan Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonif 133/YS ini dilakukan di Dermaga A Pelabuhan Pelindo, Dumai.

Pangdam I/BB Mayjen M Sabrar Fadhilah mengungkapkan, penugasan ke perbatasan Indonesia dengan Malaysia merupakan kehormatan bagi para prajurit untuk mempertahankan kedaulatan NKRI. Ada 450 orang prajurit dari Yonif 133/YS yang akan bertugas di perbatasan tersebut selama kurang lebih sembilan bulan.

"Berangkatlah dengan penuh semangat, karena ini merupakan tugas terhormat bagi seorang prajurit dalam mengawal, mengamankan, dan menjaga kedaulatan NKRI di perbatasan antarnegara," sebutnya.

Pangdam juga mengingatkan kepada para prajurit yang akan menjalankan tugas di perbatasan, agar selalu melihat dinamika di lapangan dan selalu mengantisipasi gangguan sosial yang bisa menyulut berbagai dampak negatif dua negara.

Selain itu, prajurit juga diminta menjalin komunikasi yang baik dengan warga setempat, bertingkah laku sopan, memahami kultur, dan selalu waspada.

"Jaga nama baik TNI di tempat bertugas, berikan contoh yang baik, ajarkan penduduk di perbatasan dengan baik, dan selalu jaga perbatasan NKRI agar tetap utuh," katanya berpesan.

Para prajurit ini diberangkatkan ke Kalimantan Barat dari Dermaga A Pelabuhan Pelindo Kota Dumai, menggunakan KRI Teluk Hading. (dkp)

Penulis: Donny Kusuma Putra
Editor: rinaldi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved