Pekanbaru

Pemko Pekanbaru Hanya Bisa Bayarkan Insentif Guru Honor untuk Enam Bulan

Saat ini di Kota Pekanbaru masih banyak guru honor. Ada 5000 orang yang terdata di Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru.

Istimewa
Ilustrasi 

Pemko Pekanbaru Hanya Bisa Bayarkan Insentif Guru Honor Untuk Enam Bulan

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Saat ini di Kota Pekanbaru masih banyak guru honor. Ada 5000 orang yang terdata di Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru. 

Mereka adalah guru honor yang memperoleh insentif dari pemerintah kota. Sayangnya pemerintah kota cuma bisa memberi insentif selama enam bulan pada tahun 2019 ini.

Kondisi ini lantaran terbatasnya keuangan pemerintah kota. Anggaran insentif ini hanya untuk tiga bulan pada APBD murni tahun 2019.

Sedangkan tiga bulan lagi dianggarkan pada APBD Perubahan tahun 2019. Pemerintah kota hanya bisa menganggarkan selama enam bulan lantaran dampak rasionalisasi.

"Total enam bulan. Tiga bulan di murni dan tiga bulan lagi di perubahan," jelas Kepala Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru, Abdul Jamal kepada Tribun, Senin (25/11/2019).

Menurutnya, guru honor menerima insentif dengan nilai beragam. Satu orang ada yang memperoleh Rp 400.000 untuk satu bulan.

Ada juga guru honor memperoleh insentif sebesar Rp 600.000 untuk satu bulan. Penerima insentif ini adalah guru PAUD, TK, RA, PDTA, Pondok Pesantren, guru agama non muslim, honor komite, pengajar Mts dan MI.

Jamal menyebut bahwa pemerintah kota baru bisa mencairkan insentif untuk empat bulan. Pencairan lanjutan untuk dua bulan lagi tergantung kondisi keuangan daerah.

"Kita memang berupaya enam bulan, tapi belum semuanya. Pelaksanaan baru empat bulan," jelasnya.

(Tribunpekanbaru.com/Fernando Sikumbang)

Penulis: Fernando
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved