Berita Riau

Sudah Saatnya Lirik Bisnis Homestay,Minim Penginapan,Peserta MTQ Riau Diinapkan di Rumah Warga

Kekurangan fasilitas penginapan ataupun hotel di Kabupaten Kampar berdampak pada pelaksanaan MTQ tingkat Provinsi Riau ke-38.

Sudah Saatnya Lirik Bisnis Homestay,Minim Penginapan,Peserta MTQ Riau Diinapkan di Rumah Warga
Ist
Ketua DPD ASITA Riau, Dede Firmansyah 

TRIBUNPEKANBARU.COM, BANGKINANG - Kabupaten Kampar kekurangan fasilitas akomodasi penginapan bagi masyarakat yang berkunjung ke daerah tersebut.

Kekurangan fasilitas penginapan ataupun hotel di Kabupaten Kampar berdampak pada pelaksanaan MTQ tingkat Provinsi Riau ke-38 yang digelar di Kabupaten Kampar.

Sekretaris Daerah Kabupaten Kampar,Yusri, Senin (25/11/2019) mengatakan, rombongan kafilah peserta MTQ Riau ke-38 sebagian di antaranya diinapkan di sejumlah rumah warga.
Meski demikian ada juga sejumlah peserta yang di inapkan di hotel maupun wisma dan penginapan umum.

Hampir setengah dari total para peserta MTQ Riau menginap di rumah-rumah warga di Bangkinang Kota. Hanya ada hitungan jari saja bisnis penginapan dan perhotelan yang ada di
daerah ini.

Untuk penginapan kelas hotel dari pantauan Tribun Pekanbaru, hanya ada tiga lokasi saja di Bangkinang Kota.

Ketua ASITA Riau, Dede Firmansyah mengatakan, pertumbuhan hotel dan penginapan di Provinsi Riau terpusat di Kota Pekanbaru.

Bisnis perhotelan dan penginapan menumpuk di ibukota Provinsi Riau. Terkait banyaknya para peserta MTQ Riau yang terpaksa diinapkan di rumah warga tentunya disayangkan.

Pemerintah sebelum pelaksanaan acara berlangsung semestinya harus sudah memikirkan untuk membuat pesanggrahan-pesanggrahan yang layak.

Pesanggrahan yang layak ini bisa diwujudkan dengan kerjasama pelaku bisnis perhotelan yang ramai di Pekanbaru.

“Melihat kondisi saat ini banyak peserta yang terpaksa diinapkan di sejumlah rumah warga, pemerintah harus sudah mulai memikirkan tentang edukasi ke masyarakat untuk membangun pesanggrahan atau homestay,” papar Dede.

Halaman
12
Penulis: Ikhwanul Rubby
Editor: Nurul Qomariah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved