Berita Riau

Kepala PMD Sebut Partisipasi 80 Persen, Pilkades di 54 Desa di Kampar Riau Kondusif

Febri menuturkan, pelaksanaan pilkades di Kampar masih berjalan kondusif dan belum ada laporan adanya pelanggaran.

Kepala PMD Sebut Partisipasi 80 Persen, Pilkades di 54 Desa di Kampar Riau Kondusif
istimewa
Bupati Kampar Catur Sugeng meninjau TPS saat pilkades serentak, Selasa (26/11/2019).

TRIBUNPEKANBARU.COM, BANGKINANG - Pelaksanaan pemilihan kepala desa (pilkades) serentak di Kabupaten Kampar, Selasa (26/11/2019) berjalan aman dan kondusif.

"Hingga saat ini belum ada kita terima laporan adanya pelanggaran atau tidak berjalan lancarnya pilkades di Kampar," kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Kampar, Febrinaldi Tri Darmawan.

Febri menuturkan, pelaksanaan pilkades di Kampar masih berjalan kondusif dan belum ada laporan dari panitia maupun pengawas pilkades tentang adanya pelanggaran dalam pelaksanaan pilkades di 54 desa di Kabupaten Kampar.

Dinas PMD hingga saat ini masih menunggu laporan dari desa dan pengawas.
Terkait partisipasi masyarakat terkait pelaksanaan pilkades di Kampar ia menuturkan belum mendapat data pasti.

"Kita juga masih menunggu data terkait hal tersebut,"ucapnya.

Ia menyampaikan, Forkopimda Selasa siang sempat melakukan peninjauan pelaksanaan pilkades di dua desa di Kabupaten Kampar. Desa yang disambangi antaranya Desa Salo Timur dan Desa Rumbio Jaya.

"Dari tinjauan Forkopimda terlihat pelaksanaan pilkades berjalan lancar," ucapnya.

Tingkat partisipasi masyarakat cukup baik di dua desa tersebut mencapai angka 80 persen.

"Kita harap hal yang sama terjadi di sejumlah desa lain yang juga melaksanakan pilkades pada tahun ini," tutup Febri.

Beri Dispensasi

Aktivitas kerja karyawan dan sekolah diberi kompensasi oleh Pemkab Kampar untuk bebas memberikan suaranya. Kompensasi diberikan kepada warga 54 desa yang menggelar pilkades serentak, Selasa (26/11/2019).

Melalui Surat Edaran Nomor 140/DPMD-PEMDES/571 tertanggal 25 November 2019 tentang pemberian dispensasi pada pemungutan suara pemilihan kepala desa serentak bergelombang tahun 2019, Pemkab Kampar memberikan dispensasi perusahaan atau lembaga dan sekolah untuk melakukan pemungutan suara.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Kampar, Febrinaldi Tridharmawan menuturkan, dispensasi ini diberikan dalam rangka memberi kesempatan masyarakat di 54 desa untuk bisa memilih.

"Untuk sekolah kita beri dispensasi tidak sehari penuh tetapi setelah melakukan pemilihan, sekolah diharapkan beraktivitas seperti biasa," ungkapnya.

Ia berharap semua pihak bisa mensukseskan pelaksanaan pilkades 2019 serentak yang dilakukan Pemkab Kampar. (Tribunpekanbaru.com/ikhwanul rubby)

Penulis: Ikhwanul Rubby
Editor: Nurul Qomariah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved