Berita Riau

Rumah Penjaga SD di Pelalawan Riau Nyaris Tertimbun Longsor,Zulkarnain Terpaksa Ngungsi ke Tetangga

Tanah yang longsor berasal dari tebing di dekat rumah warga bernama Zulkarnain yang berprofesi sebagai penjaga sekolah.

Rumah Penjaga SD di Pelalawan Riau Nyaris Tertimbun Longsor,Zulkarnain Terpaksa Ngungsi ke Tetangga
Istimewa
Rumah warga di perumahan Bumi Lago Permai (BLP) Kecamatan Pangkalan Kerinci nyaris tertimbun tanah longsor dari tebing akibat diguyur hujan deras pasa Senin (25/11/2019). 

TRIBUNPELALAWAN.COM, PANGKALAN KERINCI - Longsor terjadi di Perumahan Bumi Lago Permai (BLP) di Kecamatan Pangkalan Kerinci, Kabupaten Pelalawan, Provinsi Riau akibat hujan deras yang mengguyur pada Senin (25/11/2019) malam.

"Saya dapat laporan tadi dari masyarakat, ada rumah yang kena tanah longsor pas hujan tadi malam. Langsung saya tinjau ke lokasi dan tidak ada korban," ungkap anggota DPRD Pelalawan, Faizal Msi, Selasa (26/11/2019).

Faizal menyebutkan, tanah yang longsor berasal dari tebing di dekat rumah warga bernama Zulkarnain yang berprofesi sebagai penjaga sekolah.

"Tepat dekat SDN 010 Pangkalan Kerinci. Kita meminta pihak keluarga mengungsi sementara waktu, menghindari longsor susulan," ujarnya.

Sebenarnya, tambah Faizal, dewan sudah sering mengusulkan pembangunan turap di bagian tebing yang rawan. Namun selalu ditolak dengan alasan anggaran tidak mencukupi.

Sementara, Zulkarnain (50) mengatakan, tanah dari tebing yang ada di samping rumah tergerus air hujan hingga turun dan menimpa rumahnya.

“Sudah 15 tahun saya tinggal di sini, baru kali ini terjadi longsor. Kejadiannya hujan deras tadi malam," kata Zulkarnain kepada wartawan.

Zulkarnain menuturkan, sejak awal dirinya telah memperkirakan jika tanah itu akan longsor melihat hujan sangat deras.

Sebelum ia dan istrinya tidur, tanah dari tebing terbawa air hujan.

Bangunan semi permanen itu terkepung longsor hingga sebagian masuk ke rumah. Dengan cepat Zulkarnain mengeluarkan barang-barang miliknya. Untuk sementara, ia dan keluarga akan mengungsi ke rumah tetangga.

Menanggapi kejadian longsor itu, Dinas Pekerjaan dan Penataan Ruang (PUPR) Pelalawan langsung merespon. PUPR berencana akan mengirimkan Tim Gerak (Tiger) Cepat.

"Sekarang alat kita sedang bekerja di Kelurahan Kerinci Timur, karena ada banjir di sana yang sedang di atasi. Itu juga akibat hujan dera kemarin," terang Plt Kadis PUPR Pelalawan, Hardian Syahputra ST MT.

Hardiansyah menuturkan, selain mengevakusi tanah longsor, tim juga akan mengamankan tebing yang diperkirakan akan longsor kembali jika hujan.

Pihaknya berencana memetakan potensi longsor yang berada di sekitar perumahan BLP untuk antisipasi. (Tribunpekanbaru.com/johannes wowor tanjung)

Penulis: johanes
Editor: Nurul Qomariah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved