Berita Riau

Mau Diduduki Aja Kayak Mau Roboh, Miris, Kasur Pasien Puskesmas Selat Baru Bekas dari RSUD Bengkalis

Masyarakat tidak nyaman saat berobat rawat inap di Puskesmas selat Baru Bengkalis karena banyak fasilitas yang sudah tidak layak.

Mau Diduduki Aja Kayak Mau Roboh, Miris, Kasur Pasien Puskesmas Selat Baru Bekas dari RSUD Bengkalis
TRIBUNPEKANBARU/M NATSIR
Anggota DPRD Bengkalis Dapil Bengkalis-Bantan, Askori meninjau kondisi Puskesmas Selat Baru, Rabu (27/11/2019). 

TRIBUNBENGKALIS.COM, BENGKALIS - Tempat tidur pasien di Unit Pelayanan Teknis (UPT) Puskesmas Selat Baru, Kabupaten bengkalis, Provinsi Riau, ternyata barang bekas yang nyaris rusak. Bahkan tempat tidur itu seakan roboh saat diduduki anggota dewan yang meninjau puskesmas itu, Rabu (27/11/2019).

Kondisi fasilitas di puskesmas itu sering dikeluhkan masyarakat Kecamatan Bantan.

Masyarakat tidak nyaman saat berobat rawat inap karena banyak fasilitas yang sudah tidak layak.

Kondisi ini ternyata sampai ke telinga anggota DPRD Bengkalis Dapil Bengkalis Bantan, Askori. Askori yang baru dilantik beberapa bulan lalu mengunjungi UPT puskesmas tersebut untuk memastikan informasi yang didapatnya, Rabu (27/11/2019).

Ketua DPD Partai Nasdem ini melihat memang beberapa kondisi fasilitas kesehatan di sana memang sangat memprihatinkan.

Bahkan Askori sempat kesal dan berang melihat kondisi ini, terutama saat melihat kondisi ruang rawat inap.

"Ruangannya panas, sebagian pendingin ruangan tidak hidup. Pasien yang ada saja tadi sangat terlihat tidak nyaman di ruangan tersebut," terang dia.

Kondisi tempat tidur pasien sebanyak delapan unit sudah rusak seperti akan roboh, tidak layak untuk digunakan.

"Sangat tidak wajar di Puskesmas Selat Baru sebagai satu diantara fasilitas kesehatan pertama masyarakat di Bantan ini kondisinya sangat tidak layak. Mau diduduki saja seperti akan roboh. Kita sangat sayangkan kondisi ini," ungkapnya

Dari keterangan Kepala UPT Puskesmas yang didengar anggota DPRD ini, tempat tidur pasien di ruang rawat inap tersebut memang sudah tua. Bahkan merupakan bekas tempat tidur yang digunakan RSUD Bengkalis yang lama.

Askori sangat berharap fasilitas di puskesmas ini segera diganti dengan yang baru. Pihaknya bahkan langsung menghubungi Kepala Dinkes Bengkalis.

"Kita minta Dinkes segera mengidentifikasi dan memasukkan ke dalam usulan anggaran di perangkat daerah untuk peningkatan fasilitas kesehatan di puskesmas ini. Kita mau ini menjadi prioritas untuk dilaksanakan segera," tambahnya.

Apalagi saat ini masih ada waktu untuk perbaikan fasilitas Puskesmas ini masuk dalam APBD Bengkalis tahun 2020. Untuk itu Dinkes diminta memprioritaskan peningkatan pelayanan publik terkait kesehatan untuk masyarakat Kecamatan Bantan. (Tribunpekanbaru.com/m natsir)

Penulis: Muhammad Natsir
Editor: Nurul Qomariah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved