Waspada Banjir di Riau

Waspada Banjir dan Longsor di Pangkalan Kerinci Riau, DPRD Pelalawan Minta Dinas PUPR Cepat Tanggap

Waspada longsor dan banjir menghantui warga Kabupaten Pelalawan Riau khususnya di Kecamatan Pangkalan Kerinci selama musim hujan akhir tahun 2019 ini.

Waspada Banjir dan Longsor di Pangkalan Kerinci Riau, DPRD Pelalawan Minta Dinas PUPR Cepat Tanggap
Istimewa
Rumah warga di perumahan Bumi Lago Permai (BLP) Kecamatan Pangkalan Kerinci nyaris tertimbun tanah longsor dari tebing akibat diguyur hujan deras pasa Senin (25/11/2019). 

Waspada Banjir dan Longsor di Pangkalan Kerinci Riau, DPRD Pelalawan Minta Dinas PUPR Cepat Tanggap

TRIBUNPELALAWAN.COM, PANGKALAN KERINCI - Longsor dan banjir menghantui warga Kabupaten Pelalawan Riau khususnya di Kecamatan Pangkalan Kerinci selama musim hujan akhir tahun 2019 ini.

Menurut anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Pelalawan, Faizal M.Si, seharusnya bencana banjir dan longsor itu bisa diminimalisir dan diantipasi sejak awal oleh Pemerintah Daerah (Pemda).

Instansi yang berwenang seperti Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruan (PUPR) dan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) semestinya berkolaborasi dalam menuntaskan genangan air yang muncul setiap hujan turun, termasuk ancaman longsor di beberapa lokasi.

Genangan air menggenangi jalan di depan kantor DPRD Pelalawan selepas diguyur hujan deras pada Selasa (26/11/2019) lalu. (Tribunpekanbaru.com/Johannes Wowor Tanjung)
Genangan air menggenangi jalan di depan kantor DPRD Pelalawan selepas diguyur hujan deras pada Selasa (26/11/2019) lalu. (Tribunpekanbaru.com/Johannes Wowor Tanjung)

Tentunya lokasi yang saat ini tergenang air menjadi prioritas utama.

"Sejak awal mestinya diantisipasi. Dengan cara apa, yah membersihkan dan memperluas parit. Drainase yang tersumbat dikeruk dan sampah-sampahnya dibuang," kata anggota DPRD asal Kecamatan Pangkalan Kerinci ini.

Aksi kolaborasi itu, kata Faizal, wajib dijalankan saat hujan tidak turun dengan menggandeng perangkat pemerintahan setempat serta masyarakat sekitar.

Alhasil manfaatnya bisa dirasakan ketika hujan deras turun dan tak terjadi lagi penumpukan air karena tidak ada saluran pembuangan.

Tiger Cepat Dinas PUPR yang telah dibentuk dan diluncurkan diminta agar cepat tanggal terhadap persoalan infrastruktur yang terjadi di ibukota Pelalawan ini.

Sesuai dengan tugas pokok yang diberikan saat peluncuran Tiger Cepat beberapa waktu lalu.

"Sudah saatnya wajah ibukota Pelalawan ini berubah dan jangan identik dengan banjir lagi. Dina PU harus lebih peka dengan pembangunan di Pangkalan Kerinci," terang politiasi PAN ini. (Tribunpelalawan.com/Johannes Wowor Tanjung)

Penulis: Dian Maja Palti Siahaan
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved