Waspada Banjir di Riau

Waspada Banjir di Riau, Sungai Batang Lubuh Rohul Meluap Hingga Kota Pasir Kebanjiran

Sejumlah lokasi di Rokan Hulu terendam air akibat banjir sejak beberapa hari belakangan.

Waspada Banjir di Riau, Sungai Batang Lubuh Rohul Meluap Hingga Kota Pasir Kebanjiran
Istimewa
Salah satu sudut Kota Pasirpangaraian yang terendam banjir akibat meluapnya Sungai Batang Lubuh. 

Waspada Banjir di Riau, Sungai Batang Lubuh Rohul Meluap Hingga Kota Pasir Kebanjiran

TRIBUNROHUL.COM, PASIRPANGARAIAN - Sejumlah lokasi di Rokan Hulu terendam air akibat banjir sejak beberapa hari belakangan.

Curah hujan yang cenderung tinggi beberapa hari ini membuat Sungai Batang Lubuh, sungai utama yang membelah Kota Pasirpangaraian meluap pada Selasa (26/11/2019) kemarin.

Tak ayal, sejumlah kawasan pemukiman di Ibukota Rokan Hulu tersebut terendam air hingga sepinggang. Di sejumlah lokasi lain bahkan diperkirakan mencapai lebih dari 2,5 meter.

BREAKING NEWS: Waspada Banjir karena Curah Hujan Tinggi di Riau, Debit Air Sungai Naik

Dari informasi yang dihimpun, banjir terjadi di tiga desa di Kecamatan Rambah dengan sejumlah kerugian berupa tempat tinggal dan fasilitas umum yang terendam air.

Salah satu sudut Kota Pasirpangaraian yang terendam banjir akibat meluapnya Sungai Batang Lubuh.
Salah satu sudut Kota Pasirpangaraian yang terendam banjir akibat meluapnya Sungai Batang Lubuh. (Istimewa)

Seperti di Desa Babussalam, sebanyak 446 rumah terendamu di Tulang Gajah Desa Pematang Berangan dengan 94 rumah dan di Dusun Tanjung Harapan Kelurahan Pasirpangaraian dengan kerugian 63 rumah.

Kepala BPBD Rokan Hulu Zulkifli Said mengatakan, pihaknya sudah mensuplai sejumlah armada perahu fiber ke lokasi banjir tersebut.

"Kit sudah turunkan tiga perahu fiber untuk membantu mengevakuasi masyarakat disana yang membutuhkan pertolongan," katanya.

Akibat banjir tersebut, diperkirakan akses jalan lintas Riau-Sumatera Utara, tepatnya di Kawasan Simpang Supra Jalan Tuanku Tambusai terendam air.

Belum diketahui kapan air akan surut. Hingga berita ini dirilis, luapan air Sungai Batang Lubuh belum menunjukkan penurunan.

Terpisah, Kapolres Rokan Hulu AKBP Dasmin Ginting melalui Kanit Sabhara Polsek Rambah Iptu Mairizal mengatakan, pihaknya bersiaga penuh di lapangan.

Selain untuk membantu mengevakuasi dan menolong masyarakat yang membutuhkan, pihaknya juga membantu merekayasa jalur lalulintas kearah yang lebih aman untuk dilalui dengan menghindari kawasan banjir.

"Untuk sementara akses jalan di Desa Babussalam tak bisa diakses kendaraan. Kita menyarankan agar pengendara mengakses jalan lingkar supaya tidak terjebak banjir," saran dia. (Tribun Pekanbaru/Syahrul Ramadhan).

Penulis: Syahrul
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved