Belum Ada SK Resmi, KONI Riau Tak Ambil Pusing Kabar Pencoretan 10 Cabor di PON Papua

KONI Riau tak terlalu ambil pusing, apakah nanti 10 cabor benar-benar batal ditandingkan atau tidak. Meskipun beberapa cabor sudah menjalani Pra PON.

Belum Ada SK Resmi, KONI Riau Tak Ambil Pusing Kabar Pencoretan 10 Cabor di PON Papua
Internet
Logo KONI

tribunpekanbaru.com - Hingga akhir November 2019 ini, belum ada SK resmi dari KONI Pusat dan Kemenpora terkait 10 cabor yang dicoret dari Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua tahun 2020.

Tambah lagi, sudah ada beberapa provinsi termasuk Riau, yang menggelar Pra PON di antara 10 cabor yang dikabarkan dicoret itu. Kondisi ini diduga membuat Kemenpora belum menerbitkan SK pencoretan cabor, meski Pemprov Papua sudah menyatakan tidak sanggup menggelar cabor tersebut.

"Belum, belum ada SK resminya. Itu tadi, banyak pertimbangan. Terutama mengenai anggaran yang sudah dibelanjakan daerah untuk Pra PON cabor yang dicoret," kata Ketua KONI Riau, Emrizal Pakis, Kamis (28/11) kepada Tribun.

KONI dan Pemprov Papua bersikukuh tidak akan menggelar pertandingan 10 cabor, yakni balap sepeda, ski air, bridge, woodball, gateball, golf, soft tennis, tenis meja, dansa, dan petanque.

Untuk Riau sendiri sudah mengikuti Pra PON beberapa cabor 10 daftar yang akan dicoret itu, seperti dansa, petanque, takraw, balap sepeda, dan lainnya.

"Kalau kita Riau, secara prinsip tak terlalu merisaukan. Kalau jadi ditandingkan lagi, kita sudah meloloskan atletnya seperti petanque, dansa, dan takraw. Begitu juga sebaliknya," kata Emrizal.

KONI Riau menyakini, pemerintah akan segera mencari solusi. Sebab sejak dicoret Pemprov Papua dengan alasan keterbatasan anggaran, beberapa daerah langsung menyatakan keberatan. Sebagian daerah minta agar 10 cabor ini digelar di luar Papua. Namun ini harus diikuti regulasi pemerintah dan sifatnya darurat.

"Kita setuju 37 cabor ditandingkan di PON Papua," tegas Emrizal.

Rencananya, PON Papua bakal digelar pada 20 Oktober sampai 2 November 2020, dibuka dan ditutup di Stadion Papua Bangkit, Kampung Harapan, Kabupaten Jayapura. PON Papua 2020 ini hanya akan mempertandingkan 37 cabor dari awalnya 47 cabor.

Ke-37 cabor itu adalah aerosport, aquatic, anggar, angkat berat, atletik, baseball, bermotor, biliar, basket, bola tangan, voli, bulutangkis, catur, kriket, dayung, gulat, hoki, judo, karate, kempo, layar, menembak, muaythay, panahan, panjat tebing, silat, rugbi, selam, senam, sepakbola, takraw, sepatu roda, taekwondo, tarung drajat, tenis, tinju, dan wushu. (saf)

Penulis: Syafruddin Mirohi
Editor: rinaldi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved