Beita Riau

Dua Hari, Sudah 35 Orang Daftar Panwascam di Bawaslu Kuansing Riau

Pendafataran Panwascam se-Kabupaten Kuansing sudah berlangsung selama dua hari. Total ada 35 orang yang sudah mendaftar.

Dua Hari, Sudah 35 Orang Daftar Panwascam di Bawaslu Kuansing Riau
istimewa
Pokja Perekrutan Panwascam memeriksa kelengkapan administrasi pendaftar di kantor Bawaslu Kuansing, Kamis (28/11/2019). 

TRIBUNPEKANBARU.COM, TELUK KUANTAN - Pendaftaran anggota Panitia Pengawas Pemilihan Kecamatan (Panwascam) se-Kabupaten Kuansing sudah berlangsung selama dua hari. Total ada 35 orang yang sudah mendaftar.

"Hingga Kamis siang sudah ada 35 orang yang mendaftar," kata Komisioner Bawaslu Kuansing Teddy Niswansyah, Kamis (28/11/2019).

Pendaftaran dibuka mulai Rabu (27/11/2019) hingga 3 Desember 2019. Pada hari pertama tersebut, peserta yang mendaftar 22 orang. Sabtu dan Minggu, Bawaslu Kuansing tetap menerima berkas pendaftaran.

Bagi warga yang berminat, berkas lamaran bisa diswrahkan langsung Sekretariat Bawaslu Kabupaten Kuantan Singingi Jalan Kesehatan (Balai Diklat Kuantan Singingi) Teluk Kuantan.

Para pendaftar Panwascam juga mengisi form google atau angket yang disediakan Bawaslu saat mendaftar.

Syarat menjadi Panwascam antara lain, harus WNI, pada saat mendaftar berusia minimal 25 tahun, setia kepada Pancasila dan UUD 1945, tidak terlibat partai politik selama 5 tahun, tidak pernah dipidana selama 5 tahun, sehat jasmani, rohani, dan bebas dari penyalahgunaan narkotika. Syarat pendidikan yakni minimal tamatan SLTA.

Tes online dan tes wawancara akan dilakukan 13 - 17 Desember 2019. Tes online menggunakan sistem sistem Computer Assisted Test (CAT).

Jumlah Panwascam yang dibutuhkan 45 orang, tiap kecamatan akan diisi 3 orang. Panwascam terhitung mulai bekerja sejak Desember dengan gaji sekitar Rp 2 juta.

Dalam aturannya, Panwascam dibentuk satu bulan lebih cepat dari pembentukan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK). PPK akan dibentuk KPU Kuansing pada Januari 2020. Panwascam yang bakal mengawasi kinerja PPK. (Tribunpekanbaru.com/dian maja palti siahaan)

Penulis: Dian Maja Palti Siahaan
Editor: Nurul Qomariah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved