Breaking News:

Berita Riau

NEWS VIDEO: Banjir Rohul, Kelmi Amri Minta Pemkab Reaktif Bantui Korban Banjir di Pasirpangaraian

Jika memang Pemerintah Kabupaten butuh bantuan dari Provinsi juga hendaknya cepat dikomunikasikan ke pemerintah Provinsi, sehingga tdak ada

Penulis: Nasuha Nasution | Editor: David Tobing

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Banjir akibat luapan sungai Batang Lubuh atau sungai Rokan di Pasirpangaraian sudah merendam ratusan rumah warga.

Saat ini banjir masih terjadi dibeberapa Kecamatan di Negeri seribu suluk tersebut.

Menanggapi kondisi itu, anggota DPRD Riau dari Rokan Hulu Kelmi Amri meminta agar pemerintah Kabupaten Rokan Hulu cepat bergerak memperhatikan kondisi masyarakat yang berdampak banjir.

Karena biasanya masyarakat akan berdampak pasca banjir terutama terserang penyakit akibat kondisi lingkungan yang tidak sehat.

"Pemerintah Kabupaten harus perhatikan kondisi masyarakat, kesehatan masyarakat harus dipastikan jangan sampai ada yang menderita saat dan setelah banjir ini,"ujar Kelmi Amri saat ditemui di gedung DPRD Riau Rabu (27/11).

Menurut Kelmi Amri saat ini memang banjir di kota Pasirpengarayan sudah mulai surut, namun seperti biasanya banjir akan mengalir ke daerah Kecamatan Bonai Darussalam dan beberapa kecamatan lainnya di hilir sungai Rokan.

"Jadi harus waspadai selalu, apalagi ini bencana sudah menjadi bencana yang rutin terjadi di Rohul, maka harus betul-betul dipersiapkan untuk membantu masyarakat,"ujarnya.

Jika memang Pemerintah Kabupaten butuh bantuan dari Provinsi juga hendaknya lanjut Kelmi Amri cepat dikomunikasikan ke pemerintah Provinsi, sehingga tidak ada kendala di lapangan.

"Luapan air sungai rokan tak bisa dikendalikan, karena musibah, tapi yang bisa diatasi adalah soal penampungan, logistik bagi anak anak secara luas, obat-obatan lah,"ujarnya.

Kepada masyarakat juga diminta untuk tetap waspadai dampak banjir yang terjadi di Rokan Hulu tersebut, sehingga tidak ada korban jiwa.

"Kita minta masyarakat tetap waspada, karena bencana banjir ini memang bencana yang selalu mengancam masyarakat, terutama di daerah rawan selama ini,"ujar Kelmi.

Sebagaimana diketahui banjir sudah merendam beberapa daerah di Rokan Hulu dan bahkan sempat memutuskan jalur lintas menuju Sumatera Utara akibat genangan air di ruas jalan.(tribunpekanbaru.com/Nasuha Nasution)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved