Kepulauan Meranti

NEWS VIDEO: Bupati Irwan Nasir Gagas Pelabuhan RoRo Meranti Jadi Pelabuhan Internasional

Bupati Kepulauan Meranti Drs. Irwan M. Si meninjau Pelabuhan Roll On Roll Out (RoRo) di Desa Insit, Tebing Tinggi Barat, Kepulauan Meranti Selasa (26/

TRIBUNPEKANBARU.COM, MERANTI - Bupati Kepulauan Meranti Drs. Irwan M. Si meninjau Pelabuhan Roll On Roll Out (RoRo) di Desa Insit, Tebing Tinggi Barat, Kepulauan Meranti Selasa (26/11/2019).

Peninjauan juga turut dihadiri Kakanwil Kementrian Hukum dan HAM M. Diah, Kepala KSOP Selatpanjang, Kepala Kantor Imigrasi Selatpanjang, Kepala Rutan Selatpanjang dan sejumlah pejabat lainnya.

Bupati Kepulauan Meranti mengatakan Pelabuhan RoRo tersebut diupayakan untuk meningkatkan pelayaran jalur Internasional.

Hal tersebut dikatakannya karena hingga saat ini pelabuhan yang ada di Selatpanjang belum memenuhi persyaratan untuk hal tersebut.

"Kendala itu seorang pelabuhan Pelindo belum memenuhi syarat, inikan mulai dari operator pelabuhan KSOP, bea cukai, karantina berharap ada pelabuhan representatif sesuai dengan standar-standsmar kepelabuhanan," ujar Bupati.

Oleh karena itu Bupati kemudian menggagas pelabuhan RoRo Insit tersebut bisa difungsikan sebagai pelabuhan internasional.

"Inilah modifikasi-modifikasi yang sedang kita lakukan, yang perlu dari awal kita koordinasi dengan semua stakeholder pelabuhan," ujarnya.

Dikatakan Bupati ini sangat berpeluang mengingat bahwa posisi Kepulauan Meranti yang cukup strategis bagi untuk daerah provinsi lain dan negara tetangga.

Komitmen tersebut juga dikatakan Bupati dengan prioritas anggaran yang akan dikucurkan untuk penyempurnaan pelabuhan tersebut.

"Caranya itu beberapa anggaran untuk pelabuhan tempat lain kita geser ke sini, karena kita kan bangun juga di beberap titik di kecamatan-kecamatan yang itukan sebetulnya tidak begitu produktif," ujar Bupati.

Dikatakan Bupati karena kondisi yang mendesak, nantinya pelabuhan keperluan di beberapa titik tersebut nantinya bisa ke pelabuhan RoRo tersebut.

Bupati menargetkan untuk menambah fasilitas yang dibutuhkan di Pelabuhan tersebut diperkirakan sebesar 3 Miliar dan menargetkan pelabuhan berfungsi pada akhir tahun depan.

"Inikan tinggal sedikit saja ini, mudah-mudahan tiga miliar Insyaalah cukup, target kita akhir tahun depan jalanlah. Mudah-mudahan seluruh stake holder setuju." Pungkas Bupati. (tribunpekanbaru.com/ Teddy Tarigan)

Penulis: Teddy Tarigan
Editor: David Tobing
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved