Berita Riau

Potong 2,5 Persen Gaji Pegawai Pemekab Kepulauan Meranti Riau untuk Bayar Zakat

Pemkab Kepulauan Meranti berencana memberlakukan pemotongan gaji pegawai 2,5 persen untuk zakat

Potong 2,5 Persen Gaji Pegawai Pemekab Kepulauan Meranti Riau untuk Bayar Zakat
istimewa
Baznas menggelar pelatihan dan sosialisasi zakat bagi UPZ se-Kabupaten Kepulauan Meranti, di aula kantor bupati, Kamis (28/11/2019). 

TRIBUNPEKANBARU.COM, KEPULAUAN MERANTI- Pemkab Kepulauan Meranti berencana memberlakukan pemotongan gaji pegawai 2,5 persen untuk zakat, sesuai surat edaran bupati.

Hal itu dikatakan Sekda H Yulian Norwis saat membuka pelatihan dan sosialisasi zakat, infak dan sodakoh bagi UPZ se-Kepulauan Meranti yang digelar Baznas di aula kantor bupati, Kamis (28/11/2019).

"Ke depan semua gaji pegawai akan dipotong 2,5 persen untuk zakat. Dana itu bukan untuk pemerintah tapi akan disalurkan ke Baznas untuk kemaslahatan umat," ujar Yulian.

"Saya imbau mulai saat ini kita membersihkan harta dengan membayar zakat. Karena nanti semua akan diminta pertanggungjawaban oleh Allah, ke mana saja harta kita salurkan, dan membayar zakat akan menyelamatkan kita di hari akhir nanti," ungkap Yulian.

Sekda juga meminta kepada kepala OPD untuk menyampaikan surat edaran bupati ini kepada seluruh pegawai agar upaya pengumpulan dana umat ini dapat dilakukan secara masif dan maksimal.

Diakui Sekda Meranti, seperti juga diinfokan masyarakat melalui media sosial masih banyak masyarakat Meranti yang membutuhkan pertolongan mulai dari tidak memiliki rumah yang layak, hingga keperluan biaya berobat.

"Jika semua masyarakat Meranti yang berkemampuan mau memenuhi kewajiban membayarkan zakat, kami yakin melalui Baznas semua permasalahan itu akan akan dapat ditangani," tutur Yulian.

Ketua Baznas Meranti Sunarto SAg menambhakan, di 2018 lalu, pihaknya telah menyalurkan zakat Rp1,8 miliar. Dana itu untuk pemondokan dan menyekolahkan anak kurang mampu, penyediaan alat tangkap ikan bagi nelayan, pengobatan serta lainnya. (Tribunpekanbaru.com/teddy tarigan)

Penulis: Teddy Tarigan
Editor: Nurul Qomariah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved