Berita Riau

Sekda Meranti Riau Ikut Peringatan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun, Langkah Sederhana Jaga Kesehatan

Pemkab Kepulauan Meranti akan mengadakan tempat cuci tangan umum di lokasi strategis seperti taman dan pusat keramaian.

Sekda Meranti Riau Ikut Peringatan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun, Langkah Sederhana Jaga Kesehatan
istimewa
Sekda Kepulauan Meranti H Yulian Norwis ikut mencuci tangan pada peringatan hari cuci tangan sedunia pakai sabun tahun 2019 di halaman kantor bupati, Kamis (28/11/2019). 

TRIBUNPEKANBARU.COM, KEPULAUAN MERANTI - Peringatan hari cuci tangan sedunia pakai sabun dinilai Sekda Kepulauan Meranti H Yulian Norwis SE MM sangat penting untuk membudayakan pola hidup bersih kepada masyarakat khususnya pelajar.

"Cuci tangan pakai sabun merupakan langkah awal bagi diri kita untuk menjaga kesehatan. Mari kita budayakan kita semua terhindar dari berbagai penyakit yang disebabkan oleh kuman," kata Yulian di halaman kantor bupati, Kamis (28/11/2019).

Dalam rangka mendukung program itu, Pemkab Kepulauan Meranti akan mengadakan tempat cuci tangan umum di lokasi strategis seperti taman dan pusat keramaian.

Sekda berharap kegiatan tersebut jangan hanya bersifat seremonial belaka, tapi benar-benar dapat diaplikasikan dalam kehidupan mulai dari diri, keluarga dan masyarakat.

"Mari kita budayakan perilaku hidup bersih dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat di Kepulauan Meranti,"ujar Sekda Yulian.

Senada dengan Sekda, Camat Tebing Tinggi Abdul Hamid mengutarakan, gerakan cuci tangan pakai sabun sifatnya sederhana namun memiliki pengaruh besar bagi kesehatan.

"Semoga dengan adanya kegiatan ini semakin meningkatkan kesadaran masyarakat khususnya para siswa dalam menjaga kebersihan diri, lingkungan dan sekolah sejak dini yang dimulai dengan mencuci tangan pakai sabun," ucap Camat.

Sekretaris Dinas Kesehatan Meranti Asrul Medi menambahkan, 50 persen penyakit diare disebabkan karena pola hidup tidak higienis terutama kotornya tangan. Itu sesuai dengan tema yang diusung pada peringatan kali ini yakni, ‘tangan bersih untuk kita semua betapa pentingnya menjaga tangan dari kuman penyakit agar tidak terjangkit’.

"Ajaklah teman, keluarga dan saudara untuk mencuci tangan dengan sabun sebagai perilaku hidup sehat dalam mewujudkan masyarakat Meranti yang sehat, mandiri dan berkeadilan," imbau Asrul. (Tribunpekanbaru.com/teddy tarigan)

Penulis: Teddy Tarigan
Editor: Nurul Qomariah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved