Sudah 150 Atlet Riau yang Meraih Tiket Tampil ke PON Papua Tahun Depan

Jumlah atlet Riau yang lolos ke PON Papua diyakini masih akan bertambah. KONI Riau kini masih menunggu pertandingan 10 cabor lagi.

Sudah 150 Atlet Riau yang Meraih Tiket Tampil ke PON Papua Tahun Depan
Internet
Logo KONI

tribunpekanbaru.com - KONI Riau sudah mendata atlet Riau yang sudah dinyatakan lolos atau mendapatkan tiket tampil di PON Papua tahun 2020 mendatang. Dari data sementara, hingga akhir November ini sudah ada 150 atlet Riau yang sudah mengantongi tiket untuk bertanding di Papua tahun depan.

"Tapi ini sifatnya masih data sementara. Karena sampai sekarang ini masih ada sekitar 10 cabor lagi yang masih bertanding di Pra PON untuk mencari tiket ke PON. Data dari 10 cabor ini masih kita tunggu sampai Desember nanti," kata Ketua KONI Riau, Emrizal Pakis kepada Tribun beberapa hari lalu.

Ke-10 cabang olahraga (cabor) yang kini masih bertanding di antaranya aeromodeling, menembak, ski air dan lainnya. Dari jumlah cabor ini, KONI Riau memprediksi atlet Riau yang akan mendapatkan tiket PON Papua maksimal 180-200 atlet. Jumlah inilah nantinya yang akan diinventarisir berdasarkan raihan medalinya, baik medali emas, perak, maupun medali perunggu.

"Itu lah jumlahnya. Tapi itu tadi, maksimal 200 lah. Itu pun kalau sesuai target. Mudah-mudahan saja," sebut Emrizal.

Disinggung klasifikasi peraih medali Porwil dan Pra PON yang akan dikirim ke Papua, mantan Kepala Bappeda Riau ini menjelaskan, bahwa atlet peraih medali emas dan perak di ajang Porwil dan Pra PON sudah bisa dipastikan tampil di PON Papua mendatang.

Khusus Porwil, pengiriman atlet peraih medali perunggu ke PON masih akan dikoordinasikan dengan Pengprov cabornya masing-masing. Begitu juga dengan atlet peraih peringkat 4 dan 5, KONI Riau juga masih akan berkoordinasi dengan cabornya masing-masing.

"Tapi ada syaratnya, medali perunggu dan peringkat 4 dan 5 kita lihat limit waktunya. Kalau dekat dengan limit PON, kenapa tidak. Tapi kalau jauh, tidak kita kirim (ke Papua)," tegasnya.

Sementara untuk peraih medali perunggu di Pra PON, sudah dipastikan juga akan dikirim ke PON. "Untuk peringat 4 dan 5 tetap kita lakukan koordinasi dengan Pengprov cabornya. Termasuk potensinya dalam meraih medali," terangnya.

KONI Riau sudah memprediksi sejak awal akan memberangkatkan maksimal 200 atlet ke PON Papua tahun 2020 mendatang. Itu baru jumlah atlet, belum termasuk jumlah ofisial dan tim pendamping lainnya. Hanya saja, KONI Riau masih melihat anggaran yang akan dihibahkan Pemprov Riau tahun 2020 nanti, sebelum menetapkan jumlah kontingen Riau ke PON Papua tahun 2020 mendatang. (saf)

Penulis: Syafruddin Mirohi
Editor: rinaldi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved