BKKBN Gandeng Ahli dari IPB untuk Uji Coba Instrumen 8 Fungsi Keluarga di Riau

Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional Riau gandeng ahli dari IPB untuk menggelar uji coba instrumen penerapan 8 fungsi keluarga.

BKKBN Gandeng Ahli dari IPB untuk Uji Coba Instrumen 8 Fungsi Keluarga di Riau
Foto/Istimewa
FUNGSI KELUARGA - Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Perwakilan Provinsi Riau menggelar uji coba instrumen penerapan 8 fungsi keluarga, Jumat (29/11/2019). Lewat uji coba itu, diharapkan diketahui bagaimana masyarakat menerapkan fungsi-fungsi keluarga. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Perwakilan Provinsi Riau menggelar uji coba instrumen penerapan 8 fungsi keluarga, Jumat (29/11/2019).

Lewat uji coba itu, diharapkan diketahui bagaimana masyarakat menerapkan fungsi-fungsi keluarga.

“Kami ingin tahu bagaimana sebenarnya implementasi dari penerapan 8 fungsi keluarga di masyarakat. Sehingga diketahui apakah fungsinya berjalan baik atau belum,” tutur Kepala BKKBN Provinsi Riau, Agus P Proklamasi.

Dijelaskannya, 8 fungsi keluarga itu dicetuskan sejak terbitnya Undang-Undang 52 tahun 2009 tentang Perkembangan Kependudukan dan Pembangunan Keluarga.

Dimana, fungsi yang ada yaitu, fungsi agama, fungsi sosial budaya, fungsi cinta dan kasih sayang dan fungsi perlindungan.

Kemudian, ada juga fungsi reproduksi, fungsi sosialisasi dan pendidikan, fungsi ekonomi serta fungsi lingkungan.

“Semua fungsi ini sebenarnya sudah dilakukan. Tapi belum diketahui apakah fungsi itu hanya hafalan atau memang telah dilakukan dengan benar di tiap keluarga,” kata Agus.

BKKBN Riau Kuatkan Peran Sekolah Siaga Kependudukan

Menurut dia, tiap keluarga harus paham benar dengan fungsi-fungsi tersebut.

Agar bisa diketahui penerapannya di lapangan, pakar keluarga dan BKKBN megadakan penelitian yang sudah diujicobakan dalam diskusi-diskusi serta berbagai forum lainnya.

Kemudian, dari diskusi munculah instrumen-instrumen pendukungnya.

Halaman
123
Editor: Hendra Efivanias
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved