Penting untuk Diketahui, Konsumsi Gula Berlebihan Tidak Hanya Bikin Obesitas namun Juga Penyakit Ini

Penting untuk anda ketahui, konsumsi gula berlebihan tidak hanya sebabkan obesitas saja. Namun juga ancam nyawa karena penyakit ini

Penting untuk Diketahui, Konsumsi Gula Berlebihan Tidak Hanya Bikin Obesitas namun Juga Penyakit Ini
Shutterstock
Penting untuk Diketahui, Konsumsi Gula Berlebihan Tidak Hanya Bikin Obesitas namun Juga Penyakit Ini 

TRIBUNPEKANBARU.COM- Penting untuk diketahui, ternyta gula tidak hanya menyebabkan obesitas saja.

Ada beberapa penyakit yang bisa ditimbulkan akibat mengkonsumsi gula secara berlebihan.

Nah, bagi anda yang belum banyak mengetahui dampak dari mengkonsumsi gul secara berlebihan, sebaiknya mengetahuinya lebih awal.

Gula hampir tidak bisa dilepaskan dari makanan dan minuman yang dikonsumsi sehari-hari. Rasanya yang manis memang menambah kenikmatan. Es krim, soda, permen, hingga nasi putih semuanya mengandung gula.

Namun, tahukah Anda gula bisa menimbulkan berbagai masalah kesehatan jika dikonsumsi secara berlebihan? Tak hanya diabetes, ada berbagai penyakit lain yang secara langsung maupun tidak langsung diakibatkan oleh konsumsi gula berlebih. Berikut macam-macam penyakit akibat gula yang bisa menyerang Anda.

1. Obesitas

Obesitas menjadi penyakit akibat gula yang bisa menjadi memicu berbagai penyakit kronis. Menurut British Dietetic Association (BDA), makanan dan minuman yang mengandung gula tambahan mengandung banyak kalori. Semakin banyak Anda mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung gula, semakin banyak pula kalori yang Anda konsumsi.

Gula mematikan sistem kendali nafsu makan seseorang. Sehingga biasanya sekali saja Anda makan dan minum manis, Anda tidak bisa berhenti dan ingin mengonsumsi makanan manis lainnya. Tanpa sadar, kalori yang dikonsumsi bisa melebihi batas normal. Akibatnya, jika kebiasaan ini dibiarkan terus menerus maka bukan tidak mungkin Anda mengalami berat badan berlebih.

Padahal, Anda tidak disarankan untuk mengonsumsi gula lebih dari 10 persen asupan kalori harian, umumnya sekitar 70 gr untuk pria dan 50 gr untuk wanita. Sedangkan dalam satu kaleng minuman bersoda saja kalorinya mencapai 35 gr. Untuk itu, jika Anda ingin mengonsumsi makanan dan minuman manis, gunakan pemanis rendah kalori. Selain menghindari lonjakan gula darah, pemanis ini juga tidak mengandung banyak kalori yang bisa membuat Anda cepat gemuk.

2. Penyakit jantung

Halaman
123
Editor: Budi Rahmat
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved