Persiapan PON Papua, Perenang Riau Azzahra dan Vannesa Akan Berlatih di Prancis

Dua perenang putri Riau, Azzahra dan Vannesa, akan berlatih di Prancis jelang PON. Saat ini kedua perenang itu membela Indonesia di SEA Games.

Persiapan PON Papua, Perenang Riau Azzahra dan Vannesa Akan Berlatih di Prancis
Istimewa
Dua Perenang Riau, Azahra dan Vannessa, bersama pelatih asal Prancis, David Armandoni. 

tribunpekanbaru.com - KONI Riau sudah mengantongi daftar atlet Riau yang akan tampil pada PON Papua tahun depan. Jelang PON yang dijadwalkan pada 20 Oktober sampai 2 November 2020, KONI merencanakan berbagai persiapan. Termasuk menggelar uji coba.

Satu cabor yang sudah mempersiapkan agenda latihan adalah renang. Dari beberapa atlet yang meraih tiket PON 2020, dua atlet di antaranya akan berlatih di Prancis. Mereka adalah Azzahra Permatahani dan Vanessa Evato. Kedua perenang putri itu dijadwalkan bertolak ke Prancis pada Januari 2020 mendatang.

"Pengurus dan pelatihnya sudah minta dan mengusulkan ke kita. Tentu kita sambut baik," kata Ketua KONI Riau, Emrizal Pakis, Jumat (29/11) kepada Tribun.

Azzahra dan Vanessa merupakan perenang putri andalan Riau bahkan Indonesia. Banyak prestasi nasional dan internasional yang sudah diraih keduanya. Saat ini kedua atlet itu sedang berada di Filipina, membela Indonesia di cabor renang SEA Games 2019.

Pada PON Papua nanti, Azzahra dan Vanessa ditargetkan menjadi lumbung emas Riau. Apalagi mereka akan tampil di beberapa nomor andalan masing-masing.

"Kita tentu senang mereka latihan di luar negeri karena bisa meningkatkan limit waktu mereka. Apalagi saat ini limit kedua atlet kita ini sudah dibayangi beberapa perenang muda daerah lain," terang Emrizal.

Yang jadi kendala saat ini adalah masalah anggaran untuk latihan mereka di Perancis. Sebab anggaran yang diajukan KONI Riau untuk tahun 2020 ke Pemprov Riau, tidak sepenuhnya terealisasi. Bahkan tidak sampai separuh dari anggaran yang diusulkan awal yakni Rp65 miliar.

"Tapi akan kita prioritaskan atlet-atlet andalan kita ini. Mudah-mudahan nanti ada solusinya jika memang anggaran dari pemerintah tidak cukup," terang Emrizal.

Sebelumnya, Azzahra dan Vannesae memang sudah pernah berlatih di Prancis. Ini karena pelatih keduanya, David Armandoni, merupakan warga negara Prancis. (saf)

Penulis: Syafruddin Mirohi
Editor: rinaldi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved