Berita Riau

Bupati Siak Provinsi Riau Bawa Sejumlah Pejabat Melawat ke Ambon

Kepala Bagian Humas dan Protokol Setdakab Siak, Wan Saiful ia membenarkan sedang berada di Ambon, Jumat (29/11/2019) malam.

Bupati Siak Provinsi Riau Bawa Sejumlah Pejabat Melawat ke Ambon
ist
Bupati Siak Alfedri. 

TRIBUNSIAK.COM, SIAK - Bupati Siak Alfedri bersama sejumlah pejabat di Pemkab Siak, Provinsi Riau melawat ke Kota Ambon, sejak Kamis (28/11/2019) pekan lalu. Pejabat yang ikut dengan rombongan tersebut adalah 1asisten, 3 orang kepala dinas dan 2 orang kepala bagian (kabag).

Selain itu juga tampak beredar foto-fotonya di akun media sosial sedang berada di tempat-tempat wisata di kota Ambon. Wakil Ketua DPRD Siak Fairus, SAg dan istrinya juga ikut kegiatan di Ambon dan aktif membagikan foto-fotonya di tempat-tempat wisata di akun facebooknya.

Dikonfirmasi kepada Kepala Bagian Humas dan Protokol Setdakab Siak, Wan Saiful ia membenarkan sedang berada di Ambon, Jumat (29/11/2019) malam. Selain Bupati dan dia, juga ada Kabag Tapem, Kadisdikbud Siak, Kadis PU Tarukim Siak dan Kadis Pemberdayaan Masyarakat Kampung (PMK).

"Mengikuti kegiatan Pra Rakornas JKPI. Kabupaten Siak sebagai tuan rumah Festival JKPI tahun 2020, jadi presentasi tentang kesiapan Kabupaten Siak sebagai tuan rumah," kata Wan Saiful.

Dari keterangan tertulisnya, Bupati Siak Alfedri merupakan Ketua Presedium Jaringan Kota Pusaka Indonesia (JKPI).

Ia menerangkan, JKPI sebagai organisasi pemerintah kabupaten kota pusaka dengan keanekaragaman pusaka alam dan pusaka budaya (tangible dan intangible). Kabupaten kota ini memiliki kepentingan yang sama dalam hal pelestarian pusaka sebagai modal dasar pembangunan daerah di masa depan.

"Selain itu sebagai esensi dari didirikannya organisasi JKPI ini. Lebih dari 11 tahun lalu JKPI didirikan di Kota Solo, pada 25 Oktober 2008," kata Alfedri.

Kabupaten/kota yang hadir pada prarakernas di Ambon tersebut sebanyak 70 perwakilan. Anggota JKPI berkumpul di Kota yang baru saja ditetapkan UNESCO sebagai Kota Musik Dunia itu, untuk membicarakan upaya pemerintah daerah dalam pelestarian pusaka.

Menurut Alfedri, berdirinya JKPI pada saat itu bertepatan dengan momentum penyelenggaraan konferensi dan pameran organisasi Kota Pusaka Eropa-Asia, yang sedang dilaksanakan di Kota Surakarta, atas prakarsa Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Ir. Jero Wacik.

"Tujuan utama dari didirikannya JKPI, di antaranya adalah untuk tujuan pengembangan kerjasama antar kota-kota pusaka kemudian mengembangkannya kedalam bentuk-bentuk kerjasama bersama para pemangku kepentingan," kata dia.

Selain itu JKPI juga mendorong peran aktif masyarakat dalam pelestarian pusaka, menginventarisasi kekayaan warisan pusaka, memperkuat identitas NKRI, serta menjadi wadah promosi Kota Pusaka Anggota JKPI.

"Atas nama Ketua Presidium JKPI, saya mengajak seluruh anggota JKPI untuk dapat lebih meningkatkan peran pemerintah daerah serta lebih aktif bekerjasama untuk memajukan daerah dan organisasi JKPI, sesuai dengan cita-cita mulia organisasi, yaitu menjaga dan melestarikan nilai dan bangunan cagar budaya, di samping warisan budaya tak benda," himbaunya.

Pra Rakernas yang dilaksanakan tersebut, sekaligus dilaksanakan sebagai bentuk persiapan menyongsong Rakernas JKPI dan Festival Kota Pusaka 2020 mendatang di Kabupaten Siak.

"Selaku tuan rumah pelaksana Rakernas dan Festival Kota Pusaka Tahun 2020 mendatang di Kabupaten Siak, tentunya kami sangat mengharapkan kehadiran bapak dan ibu para kepala daerah sekalian, untuk dapat hadir menyaksikan rangkaian pelaksanaan kegiatan tersebut," kata dia.

Sejumlah rangkaian kegiatan akan dilaksanakan bersempena pelaksanaan Rakernas JKPI 2020 di Siak, di antaranya Malam Gala Dinner di Kompleks Tangsi Belanda Mempura, Susur Sungai Siak dan Water Front City tepian Bandar Sungai Jantan, Malam Pembukaan di Panggung Siak Bermadah, Penampilan Koor dan Grup Musik dari Kota Ambon, Pawai Budaya Internasional, Festival Sungai Siak, Seminar Internasional pengembangan dan pelestarian warisan pusaka dan budaya, pameran manuskrip kuno nusantara, bazar dan pagelaran seni budaya.(tribunsiak.com/mayonal putra)

Penulis: Mayonal Putra
Editor: Nurul Qomariah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved