Si Rame, KPU Kepulauan Meranti Resmi Luncurkan Maskot Pilkada Meranti 2020

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kepulauan Meranti resmi meluncurkan Logo/ Maskot Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) pada Sabtu (30/11/2019) malam.

Si Rame, KPU Kepulauan Meranti Resmi Luncurkan Maskot Pilkada Meranti 2020
FOTO/ISTIMEWA
"Si Rame", Logo/ Maskot Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada). 
Si Rame, KPU Kepulauan Meranti Resmi Luncurkan Maskot Pilkada Meranti 2020
TRIBUNPEKANBARU.COM, MERANTI - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kepulauan Meranti resmi meluncurkan Logo/ Maskot Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) pada Sabtu (30/11/2019) malam.
Pilkada di Kepulauan Meranti tahun digelar tahun 2020 mendatnag.

Hadir dalam kegiatan Sekda Kepulauan Meranti H. Yulian Norwsi SE. MM, Ketua KPU Kepulauan Meranti Abu Hamid, Ketua KPU Provinsi Riau Ilham Muhammad Yasir, Forkompimda Kepulauan Meranti, tokoh adat, agama serta masyarakat.

Abu Hamid mengatakan bahwa maskot yang diluncurkan pada malam hari ini adalah "Si Rame". Si Rame merupakan singakatan dari Sile (Silahkan) Rakyat Memilih. Si Rame berasal dari hewan Rame-Rame alias makohe yang kerap dijumpai di Kabupaten Kepulauan Meranti.

Bentuk Hewan ini memiliki bentuk yang sangat unik yaitu ada capit menyerupai kepiting dan ekor menyerupai kalajengking.

Abu Hamid mengatakan selain hewan ini adalah unik di kepulauan Meranti, si Rama atau makohe ini mempunyai kebiasaan menggali tanah untuk dijadikan rumahnya.

Walaupun demikian dikatakan Abu rumah makohe tersebut tidak hanya menjadi rumahnya tapi juga bagi makhluk hidup lainnya.

"Ini filosofi pertama, kami harapkan nanti siapapun yang terpilih nanti gigih memakmurkan menranti tidak untuk kelompoknya tapi seluruh masyarakat," ujar Abu Hamid.

Si Rama berarti Sile Rakyat Memilih memiliki makna mengajak masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya.

"Dengan adanya maskot ini kita sosilaisasikan ke pelosok desa jangan sampai masyarakat tidak tahu akan adanya pemilihan dan calon pemimpin di Kepulauan Meranti," ujar Bau Hamid.

Dikatakan Abu Hamid Pilkada yang ke tiga di Kepulauan Meranti ini bukanlah perkara yang mudah. Sehingga perlu campur tangan seluruh stakeholder agar pelaksanannya dalam berjalan dengan baik.

"Kita berharap Plikada sukses penyelenggaran aman. Tentunya kami tidak bisa sendiri dan juga Bawaslu, harus ada suport dari kita semua, suport dari pemerintah, kepolisian, suport dari peserta pemilu. Tampa suport dari bapak-bapak semua ini tidak akan berjalan dengan suskes," ujarnya.

Dirinya juga menyampaikan terimakasih dan apresiasi kepada pemkab Kepulauan Meranti yang sudah memberikan anggaran untuk pilkada kepada KPU melalui Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) sebesar Rp 22 miliar lebih.

"Terimakasih kepada pemerintah Meranti yang sudah menyerahkan NPHD. Anggaran ini cukup banyak sehingga jangan sampai partisipasi rendah, jangan sampai pilakda kita tidak berkualitas," pungkasnya.

Sekda Kepulauan Meranti H. Yulian Norwis dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada KPU yang telah meluncurkan maskot pilkada Kepulauan Meranti.

"Atas nama pemerintah kami Menyampaikan apresiasi kepada KPU Meranti yang sudah menyelenggarakan launching maskot pilkada 2020 Kepulauan Meranti, ini adalah rangkaian sosialisi dalam menyambut pilkada, yang akan datang" ujar Yulian.

Dirinya menyampaikan pemkab Kepulauan Meranti siap mendukung penuh penyelenggaraan Pilkada di Kepulauan Meranti.

"Bagaimana agar kita bisa mensukseskan pilkada tahun 2020, tahapan demi tahapan harus kita lalui, kami bersama pemerintah daerah mendukung dan mensuport semua kegiatan yang akan dilakukan KPU. Ini adalah wujud kemitraan dalam penyelenggaran pilkada nantinya," ujar Yulian.

Dirinya juga mengajak seluruh stakeholder yang ada di Kepulauan Meranti agar bersama mensukseskan perhelatan akbar tersebut nantinya.

"Kami harapkan seluruh peserta pilkada, masyarakat, dan partai politik untuk mensukseskan pilkada tahunun 2020 nantinya. Karena pekerjaan ini tidak hanya menjadi " ujarnya.

Dirinya mengatakan bahwa pelaksanaan pilakada di Kepulauan Meranti tidak semata-mata menjadi tanggung jawab penyelenggara saja.

"Sukses, aman dan selamat adalah ini harapan kita semua. Kepada semua masyarakat tugas ini tidak hanya menjadi tugas penyelenggara maupun Bawaslu, masyarakat juga bisa mengawasi, ini harapan kita smeua, agar penyelenggaran dengan baik akan dan sukses." Pungkasnya. (tribunpekanbaru.com/ Teddy Tarigan)

Penulis: Teddy Tarigan
Editor: Ilham Yafiz
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved