Berita Riau

Heboh Ditemukan Jejak Harimau Sumatera di Desa Karya Indah Kampar Riau, Diduga Kuat Harimau Dewasa

Temuan ini, direspon oleh tim dari Balai Besar Konservasi dan Sumber Daya Alam (BBKSDA) Provinsi Riau, dengan melakukan observasi di lapangan Senin

Heboh Ditemukan Jejak Harimau Sumatera di Desa Karya Indah Kampar Riau, Diduga Kuat Harimau Dewasa
Tribunpekanbaru/johanes
FOTO ILUSTRASI - Jejak harimau. 

Heboh Penemuan Jejak Harimau Sumatera di Desa Karya Indah Kampar Riau, Diduga Kuat Harimau Dewasa

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Penemuan jejak kaki diduga satwa Harimau Sumatra menghebohkan masyarakat Desa Karya Indah, Kecamatan Tapung, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau.

Temuan ini, direspon oleh tim dari Balai Besar Konservasi dan Sumber Daya Alam (BBKSDA) Provinsi Riau, dengan melakukan observasi di lapangan pada Senin (2/12/2019) pagi.

Kepala Bidang (Kabid) Wilayah II BBKSDA Riau, Heru Sutmantoro saat dikonfirmasi Tribun menjelaskan, hasil pendalaman sementara, diduga kuat tapak itu memang milik 'Kucing Belang Raksasa'

"Dari hasil pengamatan memang diduga kuat Tapak Harimau. Melihat ukurannya, sekitar 14 centimeter, katakan sudah (harimau) dewasa," jelas Heru.

Jejak kaki harimau yang ditemukan tim BBKSDA di lapangan
FOTO ILUSTRASI - Jejak kaki harimau yang ditemukan tim BBKSDA di lapangan (tribunpekanbaru/budirahmat)

Dia membeberkan, diperkirakan harimau itu berasal dari kantong Taman Hutan Raya (Tahura) di Minas.

"Berdasarkan rekaman kamera trap yang pernah dipasang Chevron di Tahura di Minas, memang ada harimaunya. Berapa jumlahnya saya tidak bisa menyampaikan. Yang jelas ada," tuturnya.

"Memang home range-nya bukan hanya Tahura. Kalau dari Tahura itu posisinya kurang lebih 18 kilometer. Home base harimau yang di Minas untuk saat ini memang di Tahura, karena hutannya masih ada," sebutnya.

Heru menyatakan, maka jika harimau itu keluar dari Tahura, itu hal biasa.

"Karena home range-nya sejak dulu memang seperti itu. Harimau kan sampai jauh gitu ya, 150 km persegi. Kemungkinan ya memang seperti kasus di GS Chevron, ya seperti itu. Harimau kan tidak bisa kita batasi dia berada di satu tempat, dia sudah terbiasa dengan home range yang luas ya akan menjelajahi home range itu sewaktu-waktu," urainya.

Halaman
12
Penulis: Rizky Armanda
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved