Kadin Minta Pusat Bawa Investor ke Riau

Menyikapi hasil Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Kamar Dagang Indonesia (Kadin) di Bali pada akhir November 2019 lalu, Kadin Riau menyatakan akan me

Kadin Minta Pusat Bawa Investor ke Riau
TRIBUN PEKANBARU
Diskusi pengurus Kadin Riau saat berlangsung di kantor Kadin Riau, Jalan Sudirman, pekanbaru Senin (2/12). Dalam kesempatan itu disuarakan agar investor di ajak berinvestasi di Riau. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Menyikapi hasil Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Kamar Dagang Indonesia (Kadin) di Bali pada akhir November 2019 lalu, Kadin Riau menyatakan akan menindaklanjuti dan merealisasikan hasil rapat tersebut di Riau.

Wakil Ketua Umum Kadin Riau, Iva Desman mengatakan, hasil Rapimnas tersebut di antaranya adalah Kadin turut mendukung upaya pemerintah dalam menarik investasi langsung dari asing, namun jangan sampai mengganggu usaha yang sudah ada di Indonesia.

"Selain itu, juga mendorong pelaksanaan forum investasi daerah oleh setiap pemerintah provinsi bekerjasama dengan Kadin Provinsi. Forum investasi daerah dimaksudkan sebagai ajang promosi investasi daerah kepada calon-calon investor, baik asing, BUMN, dan swasta," kata Iva Desman saat konferensi pers di kantor Kadin Riau Jalan Sudirman, Pekanbaru, Senin (2/12/2019).

Dikatakan Iva, pihaknya dari Kadin Riau juga meminta dalam Rapimnas agar pusat turut memberikan dukungan untuk menyelenggarakan sejumlah iven di Riau, untuk menarik investasi di Riau.

Dijelaskannya, saat ini di Riau sedang dilaksanakan pembangunan jalan tol, Pekanbaru-Dumai dan juga Pekanbaru-Padang. Untuk Pekanbaru Dumai diperkirakan Maret 2020 selesai dan mulai beroperasional. Karena itu, dari Kadin Riau meminta pusat untuk membawa investasi ke Riau.

"Namun demikian, kita juga meminta agar pengusaha-pengusaha di daerah juga diberikan kesempatan untuk turut serta dan tidak hanya jadi penonton saja," imbuhnya.

Selain itu, pihaknya juga mendorong pertumbuhan ekspor dan verifikasi diserfikasi produk di wilayah barat, berkoordinasi dan kerjasama dengan kementerian terkait.

"Kita juga mendorong pemerintah dalam percepatan pembangunan infrastruktur penunjang untuk mengembangkan destinasi wisata unggulan daerah wilayah barat," ulasnya.

Selanjutnya pengembangan database Kadin wilayah barat berisi tentang informasi potensi ekonomi, komoditas unggulan, peluang investasi, peluang pasar dan lainnya, yang disupport oleh Kadin provinsi.

Sebagaimana diketahui, dalam kegiatan Rapimnas yang dilaksanakan di Bali tersebut juga turut dihadiri oleh sejumlah menteri.

Presiden Joko Widodo yang berhalangan hadir mengirim video dan diputar dalam acara itu. Acara tersebut juga dihadiri oleh ribuan pengurus Kadin dari berbagai daerah nusantara. (ale)

Penulis: Alex
Editor: kasri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved