Kasus HIV AIDS Terus Meningkat di Pekanbaru, Walikota Ajak Warga Hindari Pergaulan Bebas

Kasus HIV/AIDS sejak ditemukan di Kota Pekanbaru pada tahun 2000, setiap tahun terus mengalami tren kenaikan.

Kasus HIV AIDS Terus Meningkat di Pekanbaru, Walikota Ajak Warga Hindari Pergaulan Bebas
Istimewa
Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Pekanbaru bersama kader peduli AIDS menggelar aksi di arena Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) Kota Pekanbaru, Minggu (1/12/2019). Aksi simpatik kepada para pengunjung HBKB diperlihatkan dengan membagikan pita dan bunga. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Kasus HIV/AIDS sejak ditemukan di Kota Pekanbaru pada tahun 2000, setiap tahun terus mengalami tren kenaikan. Terjadi kenaikan 237 kasus HIV dan 23 kasus AIDS sejak tahun 2018.

Data Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru, jumlah kasus HIV secara kumulatif sejak tahun 2004 hingga Oktober 2019 sebanyak 1.862 kasus. Sedangkan kasus AIDS secara kumulatif sebanyak 1.455 kasus.

Walikota Pekanbaru, Firdaus MT menyebut bahwa penyebaran HIV/AIDS tidak lepas dari gaya hidup glamor dan pergaulan bebas. Konsumsi narkoba juga jadi faktor yang menyebabkan penularan virus mematikan ini.

"Penularan akan hilang bila kita menjauhi semua kebiasaan yang negatif ini," kata dia kepada Tribun, Senin (2/12/2019).

Firdaus mengajak masyarakat untuk mencegah aktivitas yang berlawanan dengan norma agama, norma susila dan norma sosial. Adanya aktivitas yang bertentangan dengan norma jadi faktor resiko penularan HIV.

Walikota mengajak masyarakat untuk membentengi keluarga. Menanamkan nilai-nilai dan pendidikan agama.

"Keluarga harus menjadi teladan. Jangan sampai mereka dapat dampak buruk dari lingkungan yang tidak baik," pesannya.

Firdaus juga mendorong sosilisasi seputar bahaya HIV/AIDS dan narkoba kepada kawula muda. "Mereka juga diajak untuk menghindari pergaulan bebas dan terhindar," paparnya.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru, Muhammad Amin berbagi cara pencegahan agar tidak tertular HIV/AIDS. Amin berpesan agar tidak berhubungan seks bebas dan setia pada pasangan.

Ia juga memberi saran agar menggunakan kondom saat berhubungan seks beresiko, menghindari narkoba dan meningkatkan pengetahuan seputar HIV/AIDS.

Halaman
12
Penulis: Fernando
Editor: ihsan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved