2 Hektare Lahan Dibakar Sebelum Ditanam, Satreskrim Polres Bengkalis Turun dan Langsung Olah TKP

Satreskrim Polres Bengkalis melakukan pengecekan ulang dan olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) karhutla di Desa kembung Luar Kecamatan Bantan.

2 Hektare Lahan Dibakar Sebelum Ditanam, Satreskrim Polres Bengkalis Turun dan Langsung Olah TKP
Foto/Istimewa
OLAH TKP - Pengecekan ulang dan olah TKP lahan terbakar di Desa Kembung Luar dipimpin langsung Kasatreskrim Polres Bengkalis AKP Andrie Setiawan, Selasa (3/12/2019) siang. Pemilik lahan diduga membakar sebelum lahannya ditanami.

TRIBUNPEKANBARU.COM, BENGKALIS - Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Bengkalis melakukan pengecekan ulang dan olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Desa Kembung Luar Kecamatan Bantan, Selasa (3/12/2019) siang lalu.

Karhutla tersebut terjadi di Dusun Sungai Limau tepatnya di Jalan Darat Limau.

Pengecekan ulang dan olah TKP dipimpin langsung Kasat Reskrim Polres Bengkalis AKP Andrie Setiawan bersama tim Reskrim Polres Bengkalis.

Hal ini diungkap Kasubag Humas Polres Bengkalis Iptu Buha Purba, Selasa sore.

Buha mengatakan, dari hasil olah TKP tadi Satreskrim mendapati adanya aktifitas warga melakukan kegiatan perkebunan tanaman palawija.

"Warga melakukan cocok tanam, namun dengan cara membakar lahan terlebih dahulu untuk kesuburan tanah. Kemudian baru melakukan penanaman," terang Kasubag Humas.

Rencana Mutasi di Pemprov Riau. Anggota DPRD Ini Prediksi 90 Persen Pejabat Diganti

Selain itu, dari olah TKP diketahui kegiatan ini sudah dilakukan selama enam bulan.

Dengan luas lahan tanam lebih kurang sekitar 2 hektare.

"Pembakaran lahan untuk menanam ini diketahui oleh pemilik lahan lain yang bersempandan tanahnya dengan tanah yang terbakar. Dimana pemilik tanah yang terbakar terlebih dahulu membuat parit keliling sebagai sempadan," tambahnya.

Tim Satreskrim Polres Bengkalis juga mengambil sampel tanah yang tebakar kemudian sampel kayu bekas terbakar pada olah TKP kali ini.

TNI & Polri Berikan Kado Pahit Untuk KKB OPM di Hari Jadinya, KKB OPM Rugi Banyak

Halaman
12
Penulis: Muhammad Natsir
Editor: Hendra Efivanias
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved