Berita Riau

60.555 Unit Ranmor Manfaatkan Pemutihan Denda Pajak, Bapenda Riau: Pendapatan Hingga Rp 63 Miliar

Bapenda Riau berhasil mengumpulkan pendapatan asli daerah hingga Rp 63,79 miliar dari program pemutihan denda pajak Ranmor

60.555 Unit Ranmor Manfaatkan Pemutihan Denda Pajak, Bapenda Riau: Pendapatan Hingga Rp 63 Miliar
Tribun Pekanbaru/Theo Rizky
Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Riau bersama Polisi Lalu lintas, Dinas Perhubungan, Jasa Raharja dan pihak terkait lainnya melakukan operasi gabungan razia pajak kendaraan bermotor di Jalan Cut Nya Dien, samping Perpustakaan Soeman HS, Selasa (19/11/2019). 

Sebanyak 60.555 Unit Ranmor Manfaatkan Pemutihan Denda Pajak, Bapenda Catat Pendapatan Hingga Rp 63 Miliar

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Riau berhasil mengumpulkan pendapatan asli daerah hingga Rp 63,79 miliar dari program pemutihan denda pajak kendaraan bermotor (Ranmor).

Data tersebut tercatat sejak program ini digulirkan sejak 10 Oktober 2019 lalu hingga 29 November 2019 kemarin. Program pemutihan denda pajak kendaraan bermotor ini masih berlangsung hingga 15 Desember mendatang.

"Realisasi pemutihan denda pajak kendaraan bermotorper tanggal 29 November kemarin yang mengajukan pemutihan mencapai 60.555 unit kendaraan," kata Kepala Bidang (Kabid) Penerimaan Pajak, Bapenda Riau, Ispan S Syaputra, Selasa (3/12/2019).

Dari 60.555 unit mendaraan tersebut sebagain besar adalah kendaraan roda dua yang mencapai 45.651 unit. Sedangkan untuk kendaraan roda empat sebanyak 14.904 unit.

Untuk denda pajak yang dihapuskan mencapai Rp 22,23 miliar.

"Cukup banyak masyarakat yang mengikuti pemutihan pajak kendaraan bermotor ini," kata Ispan.

Pihaknya berharap disisa waktu yang masih ada selama lebih kurang dua pekan lagi ini bisa dimanfaatkan oleh para wajib pajak kendaraan bermotor yang menunggak pajaknya untuk segera membayarkan pajaknya. Sebab dengan adanya program pemutihan denda pajak ini, wajib pajak hanya cukup membayarkan pajak pokoknya saja, sementara dendanya, berapa tahun pun menunggaknya akan dihapuskan.

"Dengan sisa waktu yang ada diharapkan bisa maksimal pendapatannya. Ada juga yang sudah 19 tahun tidak bayar pajak akhirnya dia ikut pemutihan denda pajak kendaraan bermotor ini. Kalau roda dua kan tidak terlalu beratlah," katanya.

Ispan mengungkapkan, dalam satu hari, rata-rata ada sekitar 1200 wajib pajak yang mengajukan pemutihan denda pajak kendaraan bermotor.

Halaman
123
Penulis: Syaiful Misgio
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved