Incar Lebih 18 Emas di PON Papua Tahun Depan, KONI Riau Targetkan Finis di Tiga Besar

KONI Riau sudah membuat hitung-hitungan prestasi di PON Papua mendatang. Hasilnya, KONI memasang target bisa finis di posisi tiga besar.

Incar Lebih 18 Emas di PON Papua Tahun Depan, KONI Riau Targetkan Finis di Tiga Besar
Internet
Logo KONI

tribunpekanbaru.com - Pada PON Jabar 2016 lalu, Riau finis di peringkat 7 nasional dan terbaik di zona Sumatra. Karena itu, di PON Papua tahun depan, KONI Riau mematok target lebih tinggi.

Ketua KONI Riau, Emrizal Pakis mengatakan, dari prestasi yang diraih beberapa cabor pada Pra PON dan Porwil 2019 ini, membuat Riau punya peluang untuk menembus posisi tiga besar.

"Kalau lah hari ini digelar PON, prestasi kita bisa rangking 3. Makanya kita harapkan tren positif sekarang ini dipertahankan para atlet," kata Emrizal kepada Tribun, Selasa (3/12) di Kantor KONI Riau.

Target yang dipatok KONI Riau bukan asal-asalan. Dari 37 cabor yang akan diikuti pada PON Papua nanti, hampir separuhnya masuk daftar cabang andalan yang diprediksi bisa meraih medali emas. Cabor itu di antaranya renang, taekwondo, anggar, menembak, dayung, senam, takraw, angkat berat dan besi, atletik, serta balap motor.

Dari cabor andalan ini, ditargetkan beberapa atlet bisa meraih lebih dari satu emas. Seperti pada cabor renang, anggar, menembak, dayung, senam, dan lainnya.

"Untuk cabor lainnya berpotensi juga meraih emas. Tapi untuk saat ini kita masukkan dalam daftar cabor potensial. Ada juga yang kita namakan cabor harapan. Insya Allah lah," kata Emrizal.

Ditambahkan, untuk cabor andalan tersebut, KONI memprediksi setidaknya bisa meraih 18 medali emas. Jumlah ini tentunya di atas raihan Riau pada PON Jabar 2016 lalu, yakni 18 emas, 26 perak, dan 28 perunggu.

Untuk merealisasikan target, KONI sudah menyiapkan program persiapan atlet menuju PON. Mulai dari training camp (TC), uji coba, suplemen atlet, dan lainnya. Namun semua itu harus bisa dilaksanakan secara konsisten.

"Ini akan kita usahakan terus agar anggaran Rp20 miliar di APBD 2020 bisa bertambah. Kita akan terus koordinasi dengan pemerintah dan kalangan usaha," tuturnya. (saf)

Penulis: Syafruddin Mirohi
Editor: rinaldi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved