Menuju Satu Data Kependudukan, BPS Inhil Mulai Persiapan Sensus Penduduk 2020

BPS Inhil bersiap melaksanakan sensus penduduk tahun 2020. Sensus ini bertujuan untuk menyediakan data kependudukan yang akurat.

Menuju Satu Data Kependudukan, BPS Inhil Mulai Persiapan Sensus Penduduk 2020
tribun pekanbaru
BPS Inhil melakukan persiapan untuk melaksanakan sensus penduduk tahun 2020. Sensus ini bertujuan untuk menyediakan data kependudukan dan akurat. 

tribunpekanbaru.com - Beberapa tahapan jelang Sensus Penduduk 2020 (SP2020) telah dilakukan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil).

Kepala BPS Inhil, Ajid Hajiji menerangkan, jelang persiapan pelaksanaan SP2020 yang akan dilaksanakan pada bulan Februari mendatang, pihaknya telah melakukan audiensi ke beberapa pihak pemerintah daerah Inhil.

“Kita sudah melakukan audiensi ke Bupati Inhil, dan juga ke beberapa instansi lainnya berkenaan dengan relasi sensus penduduk 2020 ke depan,” jelas Ajid, Selasa (3/12).

Dalam waktu dekat, menurutnya, BPS Inhil juga akan melakukan rapat bersama Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Inhil, untuk membicarakan persiapan SP2020 ini.

“Sensus ketujuh ini berbeda dengan enam sensus penduduk sebelumnya. Pada SP2020 ini pencacahan lapangan akan menggunakan data dasar dari Direktorat Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil (Dirjen Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri,” tuturnya.

Melalui cara ini, diharapkan SP2020 dapat menghasilkan data dasar kependudukan yang sangat strategis dan terkini, dalam rangka menuju satu data kependudukan Indonesia.

Ajid Hajiji menjelaskan, untuk pertama kalinya pengumpulan data pada sensus penduduk dilakukan melalui beberapa moda pencacahan, antara lain pengisian kuesioner online (Sensus Penduduk Online) melalui website atau disebut dengan moda CAWI (Computer Aided Web Interviewing).

Kedua, pengisian kuesioner melalui wawancara oleh petugas menggunakan kuesioner elektronik atau CAPI (Computer Assisted Personal Interviewing), dan kuesioner kertas atau PAPI (Paper and Pencil Interviewing).

“Tujuan SP2020 ini adalah menyediakan data jumlah, komposisi, distribusi, dan karakteristik penduduk Indonesia menuju "Satu Data Kependudukan Indonesia”. Cakupan SP2020 adalah seluruh warga negara Indonesia (WNI) dan orang asing yang ada di wilayah teritorial Indonesia, termasuk anggota korps diplomatik dan tentara nasional yang bertugas di luar negeri,” tuturnya.

Sensus Penduduk Online juga dapat dilakukan secara mandiri oleh masyarakat, dengan mengakses link sensus.bps.go.id pada bulan Februari–Maret 2020. Selanjutnya, sensus penduduk dengan wawancara akan dilaksanakan pada bulan Juli 2020. (odi)

Penulis: T. Muhammad Fadhli
Editor: rinaldi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved