Hanya Ada di Riau, Jalan Tol Pekanbaru-Dumai Akan Dilengkapi Jalur Lintasan Gajah

Di sepanjang jalan tol Pekanbaru- Dumai, nantinya akan memiliki enam titik lintasan gajah. Setiap lintasan itu pembuatannya berbiaya Rp100 miliar.

Hanya Ada di Riau, Jalan Tol Pekanbaru-Dumai Akan Dilengkapi Jalur Lintasan Gajah
istimewa
Rencana lintasan gajah yang akan dibangun di ruas jalan tol Pekanbaru-Dumai. Ada enam lintasan gajah yang akan dibangun. 

tribunpekanbaru.com - Perusahaan Hutama Karya (HK) yang ditunjuk untuk membangun jalan tol Pekanbaru-Dumai, terpaksa harus membuat lintasan untuk lalu-lintas gajah.

Sebab di beberapa lokasi yang dijadikan tempat pembangunan jalan tol ini, ternyata ada yang masuk ke dalam lintasan gajah. Sehingga pihak perusahaan HK pun harus membuatkan lintasan, agar gajah-gajah ini tetap bisa melintas dari hutan yang berada sisi kanan tol ke sisi kiri atau sebaliknya.

"Untuk mengakomodir lintasan gajah, kita terpasa mengangkat jalan tol lebih tinggi lagi. Sehingga di bawahnya bisa dilintasi gajah," kata Sekretaris Perusahaan HK, Muhammad Fauzan, Rabu (4/12).

"Persis seperti flyover yang ada di Mal SKA, jadi di bawahnya ada lintasan yang bisa dilewati oleh kawanan gajah. Jadi jalannya yang diangkat lebih tinggi," tuturnya.

Untuk membangun satu lintasan saja, pihak HK terpaksa harus mengeluarkan dana hingga Rp100 miliar. Sedangkan lokasi lintasan gajah yang harus dibuat di sepanjang ruas jalan tol Pekanbaru-Dumai ada enak titik.

Artinya, jika untuk satu titik saja estimasi dana yang dikeluarkan berkisar Rp100 miliar, maka total anggaran yang dikeluarkan HK untuk membuat enam unit lintasan gajah ini bisa mencapai Rp600 miliar.

"Kalau kita hitung anggaran seperti membuat flyover ini sekitar Rp100 miliar untuk satu titik. Karena jalan itu kan harus kita angkat, dengan lebar lintasan 25 meter dengan tinggi antara tanah dengan lantai jembatan berkisar 6 sampai 7 meter," terangnya.

Enam titik lintasan gajah tersebut masing-masing berada di seksi 4 sebanyak lima titik, dan satu titik lagi berada di seksi 2. Pihaknya juga memastikan gajah tidak akan bisa masuk ke badan jalan tol, sebab di sekitar lintasan sudah dipasangi pagar.

Ditambah lagi, badan jalan tol akan lebih tinggi dari lingkungan sekitarnya, sehingga gajah akan sulit untuk bisa naik ke atas dan masuk ke badan jalan tol.

"Jadi gajah itu tidak akan bisa naik ke badan jalan karena sudah dipagar, dan badan jalan itu kan lebih tinggi, sehingga gajah-gajah ini sudah kita arahkan untuk masuk ke jalur lintasannya," tambah Fauzan.

Halaman
123
Penulis: Syaiful Misgio
Editor: rinaldi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved