Hari Anti Korupsi Sedunia, Komnas HAM Berharap Pengungkapan Kasus Novel Baswedan Berlanjut

Jelang akhir tahun, belum ada juga tanda-tanda penyelesaian kasus kekerasan terhadap Novel Baswedan oleh Polisi.

Hari Anti Korupsi Sedunia, Komnas HAM Berharap Pengungkapan Kasus Novel Baswedan Berlanjut
tribunnews.com
Penyidik Senior KPK Novel Baswedan. 

Hari Anti Korupsi Sedunia, Komnas HAM Berharap Pengungkapan Kasus Novel Baswedan Berlanjut

TRIBUNPEKANBARU.COM - Jelang akhir tahun, belum ada juga tanda-tanda penyelesaian kasus kekerasan terhadap Novel Baswedan oleh Polisi.

Komisioner Komisi Nasional Hak Azasi Manusia (Komnas HAM) Choirul Anam berharap kasus penyiraman air keras terhadap Penyidik Komisi pemberantasan Korupsi (KPK), Novel Baswedan beranjak maju pada saat Hari Antikorupsi Sedunia yang jatuh pada 9 Desember mendatang.

"Kami berharap 9 Desember 2019 itu ada sesuatu yang baru terhadap kasus Novel," kata Choirul di Kantor Komnas HAM, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (4/12/2019).

Komnas HAM berharap demikian karena status Penyidik KPK itu dalam laporan yang dibuat Komnas HAM dalam kasusnya adalah sebagai Human Right Defenders.

"Status Novel Baswedan dalam laporan kami dikatakan sebagai Human Right Defenders. Jadi semoga Kapolri atau timnya saat ini aware, atau pimpinan KPK juga aware," kata dia.

Sebelumnya, Kuasa Hukum Novel Baswedan, M. Isnur dan Muji Kartika Rahayu, datang ke Kantor Komnas HAM.

Mereka mendesak menindaklanjuti laporan pemantauan Komnas HAM terkait kasus tersebut.

"Kami ke sini mengingatkan dan mendesak Komnas HAM untuk menindaklanjuti dan kembali memberikan perhatian yang lebih serius terhadap Novel Baswedan yang hingga hari ini sudah 967 hari tidak terungkap perkaranya," ujar M. Isnur saat pertemuan.

Kepala Divisi Humas Polri Irjen (Pol) Muhammad Iqbal sebelumnya memastikan, tim teknis yang bertugas menginvestigasi kasus Novel tidak akan terganggu meskipun belum ada yang mengisi posisi Kepala Bareskrim Polri.

Halaman
1234
Editor: Ilham Yafiz
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved