Berita Riau

DPRD Kepulauan Meranti Riau Pertanyakan Upaya Diskes Tangani Demam Berdarah

Berdasarkan data yang dihimpun oleh Dinas Kesehatan, jumlah kasus DBD tahun 2019 terdata 204 kasus,terbanyak di wilayah Alah Air dan Selatpanjang.

DPRD Kepulauan Meranti Riau Pertanyakan Upaya Diskes Tangani Demam Berdarah
istimewa
Komisi III DPRD menggelar rapat kerja (raker) bersama Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Meranti, Kamis (5/12/2019). 

TRIBUNPEKANBARU.COM, KEPULAUAN MERANTI- Komisi III DPRD menggelar rapat kerja (raker) bersama Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Meranti, Kamis (5/12/2019), membahas persoalan Demam Berdarah Dengue (DBD).

"Agenda rapat guna meminta penjelasan dari Dinas Kesehatan terkait meningkatnya kasus DBD di Kabupaten Kepulauan Meranti," ujar Ketua Komisi III, Hafizan.

Berdasarkan data yang dihimpun oleh Dinas Kesehatan, jumlah kasus DBD tahun 2019 terdata 204 kasus, dengan jumlah terbanyak terjadi di wilayah Alah Air dan Selatpanjang.

Adapun perbandingan jumlah kasus DBD setiap bulannya selama tahun 2019. Januari 5 kasus, Februari 2 kasus, Maret 2 kasus, April 6 kasus, Mei 4 kasus, Juni 9 kasus, Juli 17 kasus, Agustus 8 kasus, September 16 kasus, Oktober 55 kasus, November 70 kasus, dan Desember 10 kasus.

Melalui data tersebut, Hafizan mempertanyakan penyebab dari fluktuasi kasus DBD dengan peningkatan yang sangat signifikan terjadi mulai Oktober dan November. Dia juga meminta penjelasan upaya yang telah dilakukan.

Disampaikan Kabid Pencegahan Pengendalian Penyakit Diskes Kepulauan Meranti, Muhammad Fahri, peningkatan kasus ini tidak terlepas dari kesadaran masyarakat dan faktor cuaca, dari kemarau ke musim hujan terjadi mulai September.

"Untuk penanganan kasus DBD, Dinas Kesehatan sudah melakukan upaya pemberantasan sarang nyamuk, fogging sebanyak 79 kali sejak tahun 2019, dan membagikan bubuk abate bersama kader-kader jumantik dan Karang Taruna tiap kecamatan," jelas Fahri. (Tribunpekanbaru.com/teddy tarigan)

Penulis: Teddy Tarigan
Editor: Nurul Qomariah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved