Berita Riau

Wow, Wisatawan Istana Siak Riau Tembus 142.396 Orang Sepanjang Januari-Agustus 2019

Kepala Dinas Pariwisata Siak Fauzi Asni mengatakan, target Pendapatan Asli Daerah (PAD) 2019 dari tiket masuk ke Istana Rp 2,2 miliar.

Wow, Wisatawan Istana Siak Riau Tembus 142.396 Orang Sepanjang Januari-Agustus 2019
Tribun Pekanbaru/Mayonal Putra
Istana Siak saat malam hari. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, SIAK - Istana Siak memang layak jadi objek wisata andalan Kabupaten siak Provi nsi riau. Selain mengandalkan benda bersejarah di dalam Istana itu, fasilitas tambahan dan perbaikan sejumlah sektor terus digesa, selain promosinya digelar secara besar-besaran.

Kepala Dinas Pariwisata Siak Fauzi Asni mengatakan, target Pendapatan Asli Daerah (PAD) 2019 dari tiket masuk ke Istana Rp 2,2 miliar.

Target ini meningkat setelah melihat perkembangan pada 2018 lalu, yang mampu memberikan PAD sekitar Rp 1,5 miliar.

"Ini juga seiring dengan kenaikan harga tiket masuk (HTM), jadi kajian untuk memandang target ini sudah berdasarkan diskusi alot antara Pemkab Siak dengan dewan," kata Fauzi, Jumat (6/12/2019).

Ia optimistis target itu tercapai sampai 31 Desember 2019. Sebab, jumlah pengunjung masuk istana berdasarkan tiket terjual Januari-Agustus 2019 sebanyak 142.396 pengunjung dalam dan luar negeri. Wisatawan mancanegara sebanyak 536 orang dan wisatawan domestik 141.860 orang.

"Kita bisa lihat pada setiap akhir pekan, ramai sekali orang datang ke Siak untuk masuk ke istana. Hari-hari biasa saja ratusan tiket terjual," kata dia.

Pihaknya juga terus menghitung tiket terjual dari September hingga 31 Desember 2019 mendatang. Ia mengatakan mendekati akhir tahun pengunjung akan semakin membludak.

"Akhir tahun ini masa-masa di mana banyak orang dari berbagai daerah melakukan studi wisata. Nah, Siak sekarang sudah menjadi pilihan bagi warga Sumut, Sumbar, Jambi, Aceh, Sumsel, Kepri dan lain-lain," kata dia.

Harga tiket masuk saat ini untuk pengunjung domestik dewasa Rp 10 ribu, dan Rp 5 ribu bagi anak-anak. Sedangkan untuk pengunjung manca negara sebesar Rp 25 ribu bagi orang dewasa dan Rp 15 ribu anak-anak.

"Dibanding 2 tahun lalu, harga tiket masuk hanya Rp 5 ribu dewasa dan Rp 3 ribu anak-anak," kata dia.

Halaman
123
Penulis: Mayonal Putra
Editor: Nurul Qomariah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved