Musim Hujan di Riau

Banjir Besar Ancam Wilayah Hilir Kuansing, Musim Hujan di Riau Debit Air Tinggi Hulu Sungai Kuantan

Ada 11 atau 12 desa yang terdampak banjir. Selain itu, sekitar 50-100 rumah terendam banjir.

Banjir Besar Ancam Wilayah Hilir Kuansing, Musim Hujan di Riau Debit Air Tinggi Hulu Sungai Kuantan
Istimewa
Debit air di bagian hulu Sungai Kuantan yang ada di Kecamatan Kuantan Mudik. Denit air tinggi dan diperkirakan banjir besar akan ancam wilayah hilir. 

Banjir Besar Ancam Wilayah Hilir Kuansing, Musim Hujan di Riau Debit Air Tinggi Hulu Sungai Kuantan

TRIBUNPEKANBARU.COM, TELUK KUANTAN - Saat ini musim hujan di Riau, wilayah hilir Sungai Kuantan di Kuansing, Riau sedang mengalami banjir .

Namun, banjir lebih besar diperkirakan akan datang sehingga warga diminta waspada.

Wilayah hilir Sungai Kuantan yang saat ini, Senin (9/12/2019) mengalami banjir yakni Kecamatan Pangean.

Ada 11 atau 12 desa yang terdampak banjir. Selain itu, sekitar 50-100 rumah terendam banjir.

Soal ancaman banjir lebih besar ini datang dari arah hulu Sungai Kuantan yakni Kecamatan Kuantan Mudik. Saat ini debit air di Sungai Kuantan yang ada di Kecamatan Kuantan Mudik masih tinggi.

"Debit air Sungai Kuantan masih tinggi di sini," kata camat Kuantan Mudik, Sadarisnah, Senin (9/12/2019).

Sudah beberapa hari debit air Sungai Kuantan di Kecamatan Kuantan Mudik ini tinggi. Ini juga menjadi sebab banjir yang terjadi saat ini di Kecamatan Pangean.

Sadarisnah mengatakan debit air saat ini lebih tinggi daro debit air saat akhir November lalu. Kala itu, tepatnya 26 November, debit air aubgai tinggi di Kuantan Mudik dan beberapa hari berikutnya terjadi banjir di Kecamatan Pangean.

Karena debit air sungai yang lebih dari sebelumnya, Sadarisnah memperingatkan banjir lebih besar akan datang ke arah hilir. Ia pun meminta warga di bagian hilir Sungai Kuantan agar waspada.

"Pastinya ini (debit air) lebih tinggi dari akhir November lalu. Banjirnya pun pasti akan lebih besar. Makanya kita minta waspada yang dihilir. Kita sudah koordinasi sama camat lainnya juga," ujarnya.

Naiknya debit air di hulu Sungai Kuantan ini karena curah hujan yang tinggi. Beberapa hari terakhir ini, hujan mengguyur wilayah hulu Sungai Kuantan.

Camat Pangean Mahviyen Trikon Putra sendiri sudah mengetahui kondisi debit air di daerah hulu. Pihaknya pun sudah wasapada akan kondisi banjir yang akan datang.

"Kita sudah kabar debit air di daerah hulu tinggi. Bahkan lebih tinggi dibanding akhir November kemarin. Makanya kita waspada," ujarnya.

Kondisi daerah Pangean saat ini sendiri sudah banjir. Bila kiriman air dari hulu sudah tina di hilir, biaa jadi banjir di Kecamatan Pangean akan meluas dan lebih tinggi lagi. (Tribunpekanbaru.com/Palti Siahaan)

Penulis: Dian Maja Palti Siahaan
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved