Musim Hujan di Riau

Musim Hujan di Riau, BPBD Pelalawan Wanti-wanti Desa Air Hitam Bakal Digenangi Luapan Sungai Nilo

BPBD dan tim Kecamatan Ukui mewanti-wanti Desa Air Hitam bakal tergenang air, sebagai imbas dari luapan Sungai Nilo akibat musim hujan di Riau.

Musim Hujan di Riau, BPBD Pelalawan Wanti-wanti Desa Air Hitam Bakal Digenangi Luapan Sungai Nilo
Ist
Selain genangan air di Desa Lubuk Kembang Bunga Kecamatan Ukui Kabupaten Pelalawan Riau akibat meluapnya Sungai Nilo, Senin (9/12/2019), satu desa lagi dikuatirkan ikut tergenang saat musim hujan di Riau ini. 

Musim Hujan di Riau, BPBD Pelalawan Wanti-wanti Desa Air Hitam Bakal Digenangi Luapan Sungai Nilo

TRIBUNPEKANBARU.COM, UKUI - Selain genangan air di Desa Lubuk Kembang Bunga Kecamatan Ukui Kabupaten Pelalawan Riau akibat meluapnya Sungai Nilo, Senin (9/12/2019), satu desa lagi dikuatirkan ikut tergenang saat Musim Hujan di Riau ini.

Badan Penanggulangan Bencan Daerah (BPBD) dan tim Kecamatan Ukui mewanti-wanti Desa Air Hitam bakal tergenang air, sebagai imbas dari luapan Sungai Nilo.

Desa Air Hitam bertetangga langsung dengan Lubuk Kembang Bunga serta berada dibantaran sungai yang sama.

"Debit air terus meningkat di Desa Air Hitam. Memang belum ada genangan, tapi bakal naik terus apalagi hujan bakal turun lagi," terang Camat Ukui, Amri Juharza, kepad tribunpekanbaru.com, Senin (9/12/2019).

Tim kecamatan terus mengontrol perkembangan debit air di dua desa tersebut, untuk mengantisipasi banjir semakin tinggi dan rumah yang terdampak semakin banyak.

Posko kesehatan telah disiagakan di lokasi dan tempat pengungsian sudah disiapkan menghadap kemungkinan terburuk

Kepala BPBD Pelalawan, Hadi Penandio membenarkan jika kondisi Desa Air Hitam sedang diwaspadai karena posisinya sama seperti Desa Lubuk Kembang Bunga.

Biasanya setiap musim hujan kedua desa tersebut selalu terkena imbas luapan Sungai Nilo.

"Ada beberapa lokasi yang diwaspadai akan terkena genangan banjir, termasuk Des Air Hitam," tutur Hadi Penandio.

Selain itu, BPBD setiap hari mengontrol perkembangan level air Sungai Kampar di jembatan penyeberangan pontoon Kecamatan Langgam.

Untuk hari ini, Senin (9/12/2019), terpantau level air mencapai 1,62 meter dari titik pengukuran dan terjadi kenaikan debit air hingga 12 centimeter dari hari sebelumnya.

Kemudian pihaknya bersiap akan kemungkinan pembukaan pintu air PLTA Koto Panjang di Kabupaten Kampar. Setiap hari elevasi PLTA meningkat mendekati titik maksimal yang dipengaruhi intensitas hujan yang turun.

"Langkah yang diambil lebih gampang setelah penetapan status siag darurat bencana banjir dan longsor. Semua instansi sudah mempersiapkan diri," tukasnya. (Tribunpekanbaru.com/Johannes Wowor Tanjung)

Penulis: johanes
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved