Meski Musim Hujan, Karhutla Tetap Terjadi di Lahan Patra Niaga Dumai

Kebakaran lahan terjadi di Dumai, meskipun saat ini sedang musim hujan. Diduga ada yang membakar lahan tersebut.

Meski Musim Hujan, Karhutla Tetap Terjadi di Lahan Patra Niaga Dumai
tribun pekanbaru
Petugas memadamkan api yang membakar lahan di sekitar Pelabuhan Sri Junjungan, Jalan Ring Road, Kelurahan Pangkalan Sesai, Dumai Barat, Selasa (10/12). 

tribunpekanbaru.com - Meski masih musim penghujan, namun kebakaran hutan dan lahan (karhutla) tetap saja terjadi di wilayah Kota Dumai. Kali ini karhutla terjadi di lahan yang berada di Jalan Ring Road, Kelurahan Pangkalan Sesai, Kecamatan Dumai Barat, Selasa (10/12) sekitar pukul 09.00 WIB.

Sekretaris Kecamatan Dumai Barat, Nasib‎, mengungkapkan, belum diketahui asal mula api penyebab kebakaran lahan yang diketahui milik perusahaan Patra Niaga itu. Namun diperkirakan ada sekitar satu hektare lahan berupa semak belukar yang terbakar.

"Kita mendapatkan laporan dari masyarakat bahwa ada lahan terbakar di sekitar Pelabuhan Sri Junjungan," katanya.

Dijelaskan, kejadian diperkirakan sekitar pukul 09.00 WIB. Tak lama kemudian, petugas pemadam dari PT Patra Niaga langsung melakukan pemadaman menggunakan peralatan mereka.

Sementara pihak Kecamatan Dumai Barat langsung berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Dumai.

"Kita bersama Bhabinkamtibmas, Babinsa, petugas Patra Niaga, dan BPBD berupaya melakukan pemadaman. Untuk penyebab terjadi kebakaran itu masih belum diketahui secara pasti, diduga ada yang membakar," sebut Nasib.

Bhabinkamtibmas Kelurahan Pangkalan Sesai, Aipda Mustaqim menambahkan, karhutla tersebut berhasil dipadamkan sekitar pukul 12.00 WIB, dengan menggunakan mobil Damkar BPBD bersama tim gabungan.

"Untuk penyebab kebakaran masih kita lakukan penyelidikan, diduga kuat lahan ini sengaja dibakar," tuturnya.

Sebelumnya, Kepala BPBD Dumai, Afrilagan, mengaku ‎mendapat laporan kebakaran lahan dan tim Satgas Karhutla BPBD Kota Dumai langsung diturunkan ke lokasi untuk melakukan pemadaman.

Menurutnya, puluhan personel dilengkapi sarana dan prasarana pemadam kebakaran dikerahkan untuk memadamkan api. "Lokasi kebakaran tepatnya ada di Jalan Ring Road Pelabuhan Roro RT 16 Kelurahan Pangkalan Sesai, Kecamatan Dumai Barat," sebutnya.

Diterangkan, luas lahan terbakar sekitar satu hektare. Proses pemadaman berjalan baik, sebab di lokasi kejadian ada embung sebagai sumber air untuk pemadaman.

"Personel yang turun ke lapangan adalah Satgas Karhutla yang terdiri dari BPBD, Damkar Dumai, Koramil/Babinsa, Polres Dumai, Kecamatan, Kelurahan, dan instansi terkait lainnya," ujarnya. (dkp)

Penulis: Donny Kusuma Putra
Editor: rinaldi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved