PUPR Dumai Siapkan Rp2,2 Miliar untuk Normalisasi Drainase Tahun 2020 Mendatang

PUPR Dumai akan melakukan normalisasi drainase di Dumai tahun 2020 mendatang. Selama ini, sudah dilakukan pembersihan terhadap saluran air.

PUPR Dumai Siapkan Rp2,2 Miliar untuk Normalisasi Drainase Tahun 2020 Mendatang
tribun pekanbaru
Sampah botol plastik memenuhi drainase di Jalan Sultan Syarief Kasim, sebelum dibersihakn Dinas PUPR Dumai beberapa waktu lalu. 

tribunpekanbaru.com - Setelah sukses melakukan pembersihan drainase di Jalan Sultan Syarif Kasim (SSK) dan Jalan Sudirman, Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kota Dumai kembali menganggarkan Rp2,2 miliar di tahun 2020 untuk melakukan normalisasi drainase.

Kabid Cipta Karya PUPR Dumai, Riau Satria mengungkapkan, anggaran sebesar Rp2,2 miliar tersebut akan digunakan pada Bulan Februari-Maret 2020, untuk kegiatan normalisasi drainase di Jalan Sultan Syarief Kasim (SSK) dan Jalan Sudirman di bagian sebelahnya.

"Anggaran sebesar itu bukan hanya dipergunakan untuk normalisasi di SSK dan jalan Sudirman saja, tetapi juga di Jalan Sultan Hasanudin dan pembuatan manhole (penutup lubang saluran drainase)," katanya Selasa (10/12).

Ditambahkan, beberapa drainase yang tersumbat akibat tumpukan sampah plastik sudah dilakukan pengangkatan sampah dan lumpur, dengan menggunakan alat berat serta truk.

Kegiatan ini dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya banjir di musim penghujan. Drainase yang sudah dibersihkan antara lain di Jalan Sultan Syarif Kasim, drainase di Jalan Sudirman, dan beberapa drainase lainnya di Kota Dumai.

Kegiatan pembersihan ini, ujar Riau Staria, menurunkan belasan personel. Saat melaksanakan pekerjaan itu lah, petugas mendapati drainase tersebut dipenuhi sampah plastik yang berasal dari sampah rumah tangga.

"Untuk itu kami mengajak masyarakat untuk bersama-sama menjaga kebersihan, dan tidak membuang sampah sembarangan, apalagi ke dalam drainase," terangnya.

Ia berharap kesadaran warga untuk tidak membuang sampah sembarangan ke saluran drainase semakin tinggi. Pihaknya juga akan terus melakukan normalisasi agar drainase bisa menampung debit air saat hujan.

"Sampah itu bisa membuat saluran drainase menjadi terhambat, dan air meluap ketika hujan deras turun di lokasi tersebut. Kesadaran masyarakat agar membuang sampah pada tempatnya sangat minim," ujarnya lagi.

Riau Satria berharap Kota Dumai tidak banjir lagi saat musim hujan, dan tak tergenang saat air pasang. Pasalnya drainase di Jalan Sultan Hasanudin saat ini sudah dibersihkan. (dkp)

Penulis: Donny Kusuma Putra
Editor: rinaldi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved