Pekanbaru

Terancam Tidak Punya NIK, Puluhan Ribu Warga Pekanbaru Belum Rekam Data KTP el

"Kami imbau untuk merekam data. Kalau tidak merekam, nanti bisa saja tidak punya NIK," terang Kepala Disdukcapil Kota Pekanbaru

Tribun Pekanbaru/Fernando Sikumbang
Warga tampak merekam data di Kantor Camat Tampan beberapa waktu lalu. Ada puluhan ribu warga di Kota Pekanbaru belum merekam data untuk KTP el. 

Terancam Tidak Punya NIK, Puluhan Ribu Warga Pekanbaru Belum Rekam Data KTP el

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Ada puluhan ribu warga di Kota Pekanbaru belum merekam data untuk KTP elektronik atau KTP el. Mereka terancam tidak memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK) bila tidak kunjung merekam data. 

Data dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Pekanbaru, jumlah masyarakat yang belum rekam data mencapai 37.265 jiwa. Dinas pun mengimbau warga untuk segera merekam data untuk KTP el.

"Kami imbau untuk merekam data. Kalau tidak merekam, nanti bisa saja tidak punya NIK," terang Kepala Disdukcapil Kota Pekanbaru, Irma Novrita kepada Tribun, Selasa (10/12/2019).

Ia menilai banyaknya warga yang belum rekam data karena belum ada kesadaran terhadap pentingnya NIK. Mereka seharusnya segera merekam data untuk cetak KTP el.

Warga tetap harus merekam data walau jumlah blangko KTP el kini masih terbatas. Irma menyebut Kota Pekanbaru hanya mendapat pasokan sekitar 500 blangko KTP el setiap bulannya.

"Kami imbau agar tetap merekam, walau blangko terbatas. Kami prediksi kondisi ini terjadi sampai akhir tahun 2019," ujarnya.

Irma menyebut bahwa secara keseluruhan data dalam data layanan jumlah penduduk Kota Pekanbaru mencapai 1.050.237 jiwa. Jumlah ini tercatat hingga 27 November 2019 lalu.

Namun jumlah ini masih terus berubah. Jumlah ini termasuk data bayi yang baru lahir, masyarakat yang pindah masuk, pindah datang dan yang sudah meninggal.

Namun setelah dilakukan verifikasi data terhadap data ganda. Jumlah penduduk Kota Pekanbaru yang sudah punya NIK mencapai 954.373 orang.

Halaman
12
Penulis: Fernando
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved