Judo Riau Tunggu Keputusan PB PJSI Terkait Jumlah Atlet yang Lolos ke PON Papua

PJSI Riau belum bisa memastikan berapa orang atlet judo Riau yang lolos ke PON Papua. Karena keputusan ada pada PB PJSI.

Judo Riau Tunggu Keputusan PB PJSI Terkait Jumlah Atlet yang Lolos ke PON Papua
Tribunpekanbaru.com/Rino Syahril
Atlet judo PPLP Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Riau saat latihan. 

tribunpekanbaru.com - Pengprov Persatuan Judo Seluruh Indonesia (PJSI) Riau belum bisa memastikan berapa jumlah atletnya yang lolos ke PON Papua tahun 2020. Sebab keputusan atlet yang lolos PON, dari hasil seri kejuaraan yang diikuti selama tiga tahun belakangan ini ditentukan oleh PB PJSI.

Sekum PJSI Riau, Yudesmon, Rabu (11/12) mengatakan, hingga kini pihaknya masih menunggu keputusan PB PJSI, terkait jumlah atlet Riau yang dinyatakan lolos ke PON Papua.

"Kita harapkan lah, mudah-mudahan dalam pekan ini sudah ada keputusan PB (PJSI). Karena kita harus melaporkan ke KONI Riau juga," kata Yudesmon kepada Tribun.

Namun dari data yang dihimpun PJSI Riau, jumlah atlet yang lolos PON Papua 2020 ada sekitar 6 atlet. Dari jumlah ini, yang mendapat rangking 3 hasil seluruh poin ada 3 atlet. Selebihnya rangking 4 dan 5.

Penghitungan poin rangking ini, sebut Yudesmon, dari hasil kejuaraan yang diikuti sejak tahun 2017 hingga 2019 ini. Kejuaraan yang dimaksud berdasarkan kejuaraan kalender PB PJSI.

Atlet judo Riau sendiri selama 2019 ini mengikuti dua kejuaaan. Terakhir kejuaraan yang diikuti adalah Kejurnas Piala Kartika Cup di DI Yogyakarta belum lama ini.

Apakah judo Riau ada yang dapat wild card dari PB PJSI, juga belumn diketahui. "Untuk wild card biasanya diberikan kepada daerah yang tidak ada satu pun lolos atletnya ke PON. Kalau kita Riau kan ada yang lolos. Yang jelas, untuk rangking 3 saja ada sekitar 3 atlet. Itu sudah jelas akan tanding di PON. Kalau rangking 4 dan 5 kan tergantung KONI," terangnya.

Meski demikian, PJSI Riau berharap KONI Riau lebih bijak memutuskan jumlah atlet yang diberangkatkan ke Papua nanti. Yang paling digarisbawahi, kata Yudesmon, KONI Riau harus merealisasikan janjinya untuk mengirim pejudo yang lolos PON berlatih ke luar negeri. (saf)

Penulis: Syafruddin Mirohi
Editor: rinaldi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved