Berita Riau

Ketinggian Air Hingga 2 Meter, 40 Rumah Tergenang di Desa Lubuk Kembang Bunga, Pelalawan Riau

Berdasarkan pemantauan Unsur Pimpinan Kecamatan (Upika) Ukui pada Selasa (10/12/2019) sore, ketinggian air mencapai 1 hingga 2 meter.

Ketinggian Air Hingga 2 Meter, 40 Rumah Tergenang di Desa Lubuk Kembang Bunga, Pelalawan Riau
Ist
Kondisi banjir di Desa Lubuk Kembang Bunga Kecamatan Ukui Kabupaten Pelalawan pasa Selasa (110/12/2019) lalu. Sebanyak 40 rumah terdampak dan ketinggian air mencapai 2 meter. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, UKUI - Ketinggian banjir di Desa Lubuk Kembang Bunga, Kecamatan Ukui Kabupaten Pelalawan terus meningkat. Genangan air akibat meluapnya Sungai Nilo yang melintasi desa dan meluber sampai ke pemukiman.

Berdasarkan pemantauan Unsur Pimpinan Kecamatan (Upika) Ukui pada Selasa (10/12/2019) sore, ketinggian air mencapai 1 hingga 2 meter.

"Pendataan kami ada sekitar 40 rumah yang terdampak banjir. Termasuk fasilitas sosial dan fasilitas umum," terang Camat Ukui Amri Juharza, Rabu (11/12/2019).

Amri menerangkan, lokasi banjir berada di RT 4 dan RT5 Dusun l. Jalan penghubung antar dusun terendam hingga tak bisa dilalui kendaraan dan harus menggunakan pompong. Musala, rukan Babhinkamtibmas dan balai adat desa juga ikut tergenang.

Kebanyakan warga masih bertahan di dalam rumahnya, baru tiga KK yang mengungsi ke rumah saudaranya.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pelalawan, Hadi Penandio, kondisi terkini genangan air terpantau menurun 20 centimeter dari sebelumnya.

Tampak dari bekas rendaman air yang ada di dinding rumah warga yang kena dampak banjir. Namun kondisi cuaca di lokasi genangan air masih mendung dan berpotensi hujan lebat.

"Alhamdulillah, ada penurunan debit banjir. Namun bangunan masih terendam dan terdampak," terang Hadi Penandio.

Meski banjir mulai surut, lanjut Hadi Penandio, jumlah pengungsi malah meningkat. Sebelumnya hanya tiga Kepala Keluarga (KK) dengan jumlah enam jiwa, saat ini telah mencapai enam KK dengan jumlah 20 orang.

Warga yang mengungsi kebanyakan ke rumah sanak famili yang bebas dari genangan air. Tim kecamatan sebenarnya telah menyiapkan lokasi pengungsian yang aman dan nyaman, jika jumlah pengungsi kembali meningkat.

Halaman
12
Penulis: johanes
Editor: Nurul Qomariah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved