Bus PT Rapi Hantam Truk Fuso di Km 65 Rumbai, Penumpang Luka-luka

Peristiwa kecelakaan lalu-lintas (laka lantas) terjadi di Jalan Lintas Sumatra (Yos Soedarso), Kecamatan Rumbai, Kota Pekanbaru.

Bus PT Rapi Hantam Truk Fuso di Km 65 Rumbai, Penumpang Luka-luka
Kolase/Tribun Pekanbaru
Kecelaaan maut Bus RAPI vs Truk Fuso di Pekanbaru, Kamis (12/12/2019) 

tribunpekanbaru.com - Kecelakaan ini melibatkan satu unit mobil bus PT Rapi yang bertabrakan dengan satu unit truk Fuso. Peristiwa ini terjadi Kamis (12/12) pagi sekitar pukul 07.00 WIB.

Kasat Lantas Polresta Pekanbaru, AKP Emil Eka Putra saat dikonfirmasi membenarkan adanya kejadian kecelakaan lalu lintas tersebut.

"Petugas masih melakukan olah TKP di lapangan. Nanti kita informasikan lebih lanjut," kata Emil.

Data yang didapat terkait kecelakaan yang terjadi di Jalan Yos Sudarso Km 65, Kecamatan Rumbai tersebut, bus PT Rapi yang terlibat kecelakaan bernomor polisi BK 7408 DE. Sedangkan truk Fuso Isuzu bernomor polisi BM 9635 AO.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa kecelakaan tersebut. Hanya saja, belasan penumpang bus dikabarkan mengalami luka-luka. Informasinya, sekitar 10 orang penumpang bus di antaranya mengalami luka ringan, dan dua orang lagi mengalami luka berat.

Kasat Lantas Polresta Pekanbaru AKP Emil Eka Putra menjelaskan kronologis peristiwa kecelakaan tersebut. Menurutnya, bus PT Rapi dikemudikan oleh Agus Mando Manik (40) dan membawa 16 penumpang, bergerak di Jalan Yos Sudarso. Bus datang dari arah utara menuju ke selatan atau rute Sumatra Utara menuju Lampung.

Sesampainya di Km 65, mobil bus bermaksud mendahului mobil yang berada di depannya. Namun naas, pada saat ingin mendahului tersebut, mobil bus bertabrakan dengan mobil truk Fuso Isuzu yang sedang bergerak berlawanan arah.

Supir truk sendiri tidak ditemukan di lokasi kejadian setelah kejadian kecelakaan tersebut.

"Mobil truk ini bergerak di jalan yang sama, datang dari arah berlawanan yakni dari arah selatan menuju ke timur. Akibat dari kecelakaan tersebut, kedua mobil terbalik dan melintang di badan jalan serta mengalami kerusakan pada bagian depan," terang Emil.

Disebutkan Emil, kesimpulan sementara hasil pihaknya, kecelakaan disebabkan karena pengemudi bus PT Rapi pada saat hendak mendahului tidak memiliki pandangan yang bebas, dan tidak tersedia ruang gerak yang cukup namun memaksa untuk menyalip.

Akibat kecelakaan tersebut, kerugian materil diperkirakan mencapai Rp25 juta. Sementara untuk korban yang mengalami luka-luka, dibawa ke Puskesmas Muara Fajar dan RSUD Arifin Achmad Pekanbaru. (rzk)

Penulis: Rizky Armanda
Editor: rinaldi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved