Jelang Konferensi PGRI Riau, Tiga Bakal Calon Ketua Mencuat, Panita Kerja Sesuai Aturan

panitia konferensi bersikap netral dalam proses pemilihan ketua. Karena ada indikasi dan dugaan memenangkan satu calon

Jelang Konferensi PGRI Riau, Tiga Bakal Calon Ketua Mencuat, Panita Kerja Sesuai Aturan

TRIBUNPEKANBARU.COM - Menjelang Konferensi PGRI Provinsi Riau yang akan berlangsung 13-15 Desember 2019 di Hotel Ameera Pekanbaru, persaingan calon ketua organisasi profesi guru itu mulai memanas.

Tim Balon Ketua PGRI Riau, DR Syafii mengendus ada upaya untuk menjegal maju sebagai ketua. "Dukungan dari daerah terhadap DR Syafii diduga sengaja digandakan untuk menjegal maju sebagai calon ketua. Kami menilai hal ini tidak baik dikedepankan dalam pemilihan ketua organisasi profesi guru," ujar Sarifuddin MPd, Koordinator Tim DR Syafii, Kamis (12/12/2019).

Dia mengatakan, DR Syafii mendapat mandat dukungan dari PGRI Pelalawan dan Kepulauan Meranti maju sebagai balon ketua. Selain itu, Dewan Penasihat PGRI Kabupaten Pelalawan ini juga mendapat dukungan dari delapan kabupaten/kota di Riau. Dukungan tersebut tak hanya secara lisan namun juga tertulis.

"Besar peluang DR Syafii untuk terpilih sebagai ketua PGRI Riau. Namun ada upaya untuk menjaganya. Ini yang sangat kami sesalkan. Kami minta proses pemilihan ketua harus transparan berdasarkan AD/ART organisasi PGRI," tegas Sarifuddin.

Selain itu pihaknya juga meminta panitia konferensi bersikap netral dalam proses pemilihan ketua. Karena ada indikasi dan dugaan memenangkan satu calon yang merupakan pengurus PGRI Riau saat ini.

"Kami berharap pemilihan ketua PGRI Riau berlangsung secara demokratis. Ini organisasi profesi guru yang harus menjadi contoh," imbuh Sarifuddin.

Ketua Panitia Pelaksana Konferensi PGRI Provinsi Riau, Basri ketika dikonfirmasi hal itu, menegaskan pihaknya bekerja sesuai aturan organisasi. "Kita mengikuti AD/ART organisasi," ujarnya melalui sambungan telepon seluler.

Dia menyebutkan, saat ini muncul tiga nama balon ketua PGRI Riau yang sudah mendaftar. Yakni Bahar, Devi Warman dan DR Syafii.

"Ada tahapan-tahapan penjaringan calon ketua ini. Misalnya dukungan dari kabupaten/kota. Nanti diseleksi oleh tim tersendiri memeriksa mandat tersebut," kata Basri.

Dia melanjutkan, jika terdapat dukungan ganda, verifikasi akhir dilakukan kembali kepada pengurus daerah tersebut. "Nanti pemilihannya akan berlangsung secara demokratis," kata dia.

Konferensi PGRI Provinsi Riau tersebut rencananya dibuka oleh Gubernur Riau, Syamsuar. Dihadiri Ketum PB PGRI dan sejumlah pengurus lainnya. (san)

Penulis: ihsan
Editor: Hendri Gusmulyadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved