Judo Tagih Janji KONI Riau untuk Realisasikan Uji Coba ke ke Luar Negeri Jelang PON

Judo menagih janji KONI Riau, yang akan memberangkatkan atlet lolos PON beruji coba ke luar negeri. Negara yang diincar PJSI Riau adalah Thailand.

Judo Tagih Janji KONI Riau untuk Realisasikan Uji Coba ke ke Luar Negeri Jelang PON
TribunPekanbaru/RinoSyahril
Atlet judo tengah berlatih 

tribunpekanbaru.com - Meski cabor judo Riau belum tahu berapa jumlah atlet yang lolos ke PON Papua tahun 2020, namun jajaran pelatih dan pengurus minta KONI Riau menepati janji, yaitu merealisasikan uji coba atlet ke luar negeri.

"Berdasarkan data kami, ada 6 atlet yang sudah lolos PON Papua. Tapi kita tetap menunggu keputusan PB PJSI," kata Sekum PJSI Riau, Yudesmon, Kamis (12/12) kepada Tribun.

Menurutnya, sebelumnya KONI Riau pernah menyampaikan janji akan memberangkatkan atlet judo Riau uji coba ke luar negeri, jika berhasil mendapatkan tiket lolos ke PON Papua, terutama untuk atlet peraih medali.

"Dari 6 atlet yang terdata oleh kita, tiga di antaranya peringkat tiga (perunggu). Itu artinya kita bisa memenuhi janji KONI. Tapi tetap kita tunggu hasil dari pusat (PB PJSI)," sebutnya.

Dari prestasi yang diraih para atlet ini, PJSI Riau berencana membawa atlet yang lolos PON ke Thailand untuk beruji coba. Thailand dipilih, karena menurut PJSI Riau kiblat judo Asia Tenggara saat ini masih ke Gajah Putih tersebut.

"Memang untuk tingkat Asia, ada Korea Selatan yang bagus prestasi judonya. Kalau bisa ke Korea Selatan, tentu lebih bagus. Tapi kalau tidak, ya kita cukup ke Thailand aja," harap Yudesmon.

Jika uji coba ke luar negeri ini direalisasikan, PJSI Riau akan memaksimalkan atlet yang ada. Bahkan menargetkan atlet judo Riau bisa meraih medali di PON Papua mendatang. "Insya Allah kita bisa mempersembahkan hasil terbaik," katanya.

Berdasarkan data yang dihimpun PJSI Riau, untuk jumlah atlet yang lolos PON Papua 2020 ada sekitar 6 atlet. Dari jumlah ini, yang mendapat rangking 3 hasil pengumpulan seluruh poin ada 3 atlet. Selebihnya di rangking 4 dan 5.

Poin ini dikumpulkan para atlet dari kejuaraan yang diikuti sejak tahun 2017 hingga 2019 ini. Kejuaraan yang diikuti tersebut harus kejuaraan yang masuk kalender PB PJSI. Poin yang terkumpul inilah yang kemudian di rangking oleh PB PJSI untuk menentuk atlet lolos ke PON atau tidak.

Atlet judo Riau sendiri selama 2019 ini mengikuti dua kejuaraan. Kejuaraan terakhir yang diikuti adalah Kejurnas Piala Kartika Cup di DI Yogyarkata belum lama ini. (saf)

Penulis: Syafruddin Mirohi
Editor: rinaldi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved