Berita Riau

NEWS VIDEO: Puluhan Mahasisawa di Pekanbaru Demo Tolak Kenaikan Iuran BPJS

Puluhan mahasiswa Universitas Riau menggelar aksi demo tolak kenaikan iuran BPJS Ada lima poin pernyataan sikap yang dibawakan oleh masa aksi

TRIBUNPEKANBARU.COM- Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Riau menggelar aksi demo tolak kenaikan iuran BPJS di depan Gedung DPRD Riau, Kamis (12/12/2019).

Ada lima poin pernyataan sikap yang dibawakan okeh masa aksi. Pertama menolak usulan atau tindak lanjut terhadap kenaikan iuran BPJS kesehatan yang tertuang didalam Perpres nomor 75 tahun 2019.

Kemudian poin kedua, meminta pemerintah untuk meninjau kembali usulan kenaikan kepesertaan BPJS kesehatan sesuai hitungan minimum nilai aktuaria.

Poin ketiga meminta pemerintah tegas dalam menghadirkasn system pelayanan kesehatan yang memadai seperti yang termaktub dalam pasal 5 ayat (1) undang-undang nomor 36 tahun 2009.

Kemudian poin ke empat berbunyi mengecam keras atas wacana refresif dalam hal pelayanan publik terhadap kesehatan rakyat dan poin kelima menolak wacana represif pemerintah dalam mendisktiminasi kesehatan masyarakat dengan menghentikan pelayanan publik.

Demikian poin-poin tersebut dibacakan Presiden Mahasiswa BEM UR Syafrul Ardi saat menyampaikan orasinya.

Dalam kesempatan tersebut Syafrul juga menyampaikan kekecewaanya kepada anggota DPRD yang tidak kunjung menjumpai masa aksi.

"Kita juga audah lama surati komisi V untuk audiensi tapi tidak ada tindak lanjut. Padahal kita ingin sampaikan baik-baik tapi sampai saat ini sudah minggu lebih kita menunggu untuk audiensi namun tidak ada kejelasan yang kita terima," jelasnya.

Menurut Syafrul, massa aksi yang mewakili rakyat hanya ingin ada sokusi konkrit terhadap pelayanan kesehatan termasuk persoalan BPJS.

"Riau ini kaya, bawah minyak diatas minyak lalu apa sokusi konkrit yang bisa diberikan kepada masyarakat. Ayo kita viralkan tolak kenaikan BPJS," jelasnya. (Tribunpekanbaru.com/Aan Ramdani)

Penulis: Aan Ramdani
Editor: David Tobing
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved