Koramil dan Polsek Bangun Kanal untuk Antisipasi Karhutla di Wilayah Inhil

Pembangunan kanal dilakukan Koramil Kemuning bersama Polsek Keritang. Sementara Koramil Mandah menggencarkan sosialisasi bahaya karhutla.

Koramil dan Polsek Bangun Kanal untuk Antisipasi Karhutla di Wilayah Inhil
tribun pekanbaru
Koramil Kemuning dan Polsek Keritang membuat kanal untuk mencegah karhutla di RT04 RW05 Dusun Air Bening, Desa Petalongan, Kecamatan Keritang, Indragiri Hilir. 

tribunpekanbaru.com - Langkah preventif untuk mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) mulai dilakukan oleh Koramil 09/Kemuning bersama Polsek Keritang, Inhil.

Langkah antisipasi ini di antaranya dilakukan dengan membuat kanal di RT04 RW05 Dusun Air Bening, Desa Petalongan, Kecamatan Keritang, Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Kamis (12/12) lalu.

Babinsa Desa Petalongan, Sertu M Hatta mengatakan, pembuatan kanal blocking dimaksudkan untuk meminimalisir, mengantisipasi, serta mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan di wilayah Desa Petalongan.

“Upaya ini juga untuk mendekatkan TNI-Polri dengan masyarakat, karena kami adalah bagian dari masyarakat,” terangnya.

Kepada masyarakat juga diharapkan ada kesadaran untuk tidak membuka hutan dan lahan dengan cara membakar, yang dampaknya bisa menimbulkan kerugian bagi masyarakat luas. “Dampaknya seperti yang pernah terjadi pada tahun-tahun sebelumnya,” kata M Hatta.

Koramil 08/Mandah
Sementara itu, Babinsa Koramil 08/Mandah menggelar patroli, sosialisasi, serta pengawasan rutin untuk mengantisipasi karhutla di wilayah binaannya, di Desa Sandawa, Kecamatan Mandah, Inhil, Kamis (12/12). Dalam patroli ini Babinsa juga mengimbau masyarakat untuk ikut mengantisipasi terjadinya karhutla.

Pjs Danramil 08/Mandah, Pelda Suriadi mengatakan, pihaknya ingin memberikan kesadaran kepada masyarakat tentang bahaya membakar lahan melalui kegiatan patroli ini. Sehingga dapat mengurangi keinginan warga untuk membakar lahan dan hutan, serta turut mencegah terjadinya musibah kebakaran lahan.

“Kami melakukan sosialisasi dan imbauan kepada warga yang memiliki kebun dan ladang. Sosialisasi itu dilakukan agar tidak membuka lahan dengan cara dibakar,” ujarnya.

Babinsa Desa Sendawa, Koramil 08/Mandah, Serka Arafat menambahkan, upaya tersebut dilakukan bersama masyarakat sekitar ke sejumlah titik rawan karhutla.

“Kami berupaya sekuat tenaga melakukan patroli agar tidak ada kebakaran lahan. Juga sosialisasi ke setiap pemukiman warga, supaya tidak ada warga yang membakar sampah dengan cara dibakar sembarangan, karena itu bisa berakibat fatal terhadap lingkungan,” tuturnya.

Kepala Desa Sendawa, mengaku sangat bersyukur dan berterima kasih kepada anggota Koramil 08/Mandah, yang telah bersedia memberikan arahan dan imbauan kepada warga Desa Sendawa.

“Dengan kegiatan ini, dapat mengantisipasi dan mencegah sejak dini terjadinya kebakaran hutan dan lahan,” katanya. (odi)

Penulis: T. Muhammad Fadhli
Editor: rinaldi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved