Menteri KKP Edhy Prabowo Buka Wacana Ekspor Benih Lobster, Susi Pudijastuti : Karena Bodoh!

Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Susi Pudjiastuti meradang atas wancana ekspor baby lobster yang disampaikan oleh Menteri KKP Edhy Prabowo

Menteri KKP Edhy Prabowo Buka Wacana Ekspor Benih Lobster, Susi Pudijastuti : Karena Bodoh!
TRIBUN PEKANBARU / DODDY VLADIMIR
Petugas memperlihatkan baby lobster yang berhasil diamankan saat hendak diselundupkan. 

Menteri KKP Edhy Prabowo Buka Wacana Ekspor Benih Lobster, Susi Pudijastuti : Karena Bodoh!

TRIBUNPEKANBARU.COM - Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Susi Pudjiastuti meradang dengan wancana ekspor baby lobster yang disampaikan oleh Menteri KKP Edhy Prabowo dalam rapat kerja nasional KKP di Jakarta, 4 Desember lalu.

Dalam rapat kerja tersebut Menteri KKP Edhy Prabowo menyebutkan, pihaknya akan membuka kembali ekspor benih baby lobster yang sempat dilarang di era Susi Pudjiastuti.

Pasalnya berdasarkan laporan dari tim Kementerian KKP, ekspor benih baby lobster ke Vietnam lewat pasar gelap masih terjadi.

"Ternyata dari total kebutuhan baby lobster mereka 80% dari Indonesia. Celakanya, lewat Singapura," ujar Edhy.

Keinginan Edhy untuk membuka kran ekspor baby lobster tersebut mendapat dukungan dari M0enteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan.

Alasannya, dari berbagai studi penelitian menunjukkan hanya 1 persen atau bahkan kurang dari 1 persen benih baby lobster yang bisa hidup di laut.

Lain halnya dengan budidaya baby lobster yang bisa bertahan hingga 70 persen. Contohnya saja Vietnam yang telah mencoba budidaya lobster tersebut.

"Saya rasa bagus. Kan benih baby lobster diambil, dan yang hidup atau tumbuh kurang dari satu persen," kata Luhut di Kantor Kemenko Maritim dan Investasi, Jakarta, Kamis (12/12/2019).

Namun, rencana itu mendapat kritikan pedas dari Susi Pudjiastuti . Ia dengan lantang menyuarakan penolakan ekspor bibit lobster.

Halaman
1234
Penulis: Firmauli Sihaloho
Editor: rinalsagita
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved