Cegah Lantai Mobil Keropos, Karpet Kedap Air Bikin Lantai Mobil Tetap Kering

Pengeroposan lantai mobil sering dianggap sepele. Padahal, masalah ini mempengaruhi keawetan bodi mobil.

Cegah Lantai Mobil Keropos, Karpet Kedap Air Bikin Lantai Mobil Tetap Kering
tribun pekanbaru
Proses pemasangan karpet kedap air berwarna merah memerlukan ketelitian agar terlihat rapi. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Pengeroposan lantai mobil sering dianggap sepele. Padahal, masalah ini mempengaruhi keawetan bodi mobil.

Sihabuddin, seorang modifikator interior mobil, mengungkapkan, pengeroposan lantai mobil disebabkan lembab yang mengendap di alas lantai dalam waktu lama.

Addin, sapaan akrabnya mengatakan, karpet mobil jika basah akan sulit dikeringkan. Apalagi pendingin udara (air conditioner) selalu diaktifkan. Sehingga alas lantai menjadi selalu lembab. Lama-kelamaan lantai mobil menjadi rapuh.

Menurut dia, pada musim hujan, lantai terkena air tak dapat dihindari. Air dari alas kaki yang basah setelah menginjak tanah diguyur hujan. Saat memasuki mobil, air akan dari alas kaki mengendap di lantai.

"Risiko alas lantai terkena air, akan sulit dikeringkan. Karpet yang terlalu lama basah atau lembab, akan menimbulkan bau yang tidak sedap di dalam mobil," jelas Addin, Kamis (12/12/2019).

Ia mengatakan, karpet kedap air bisa menjadi solusi. Karpet dari bahan kulit sintetis yang kedap air bisa diaplikasikan pada lantai mobil.

Sementara karpet pabrikan belum ada yang kedap air. Karpet yang kedap air akan menjaga lantai mobil tetap kering.

Selain itu, kata Addin, kelebihan dari karpet yang kedap air lebih mudah dibersihkan. Begitupun kalau basah terkena air.

"Jika basah, tinggal dilap saja. Karena karpet kedap air terbuat dari bahan yang tidak menyimpan panas,” kata pemilik Jok Modifikasi Spesialis Interior yang berlokasi di Jalan Suka Karya Ujung, Pekanbaru.

Menurut Addin, karpet kedap air memang lebih licin. Oleh karena itu, karpet bisa diberi alas lagi di atasnya. Alas di atasnya sekaligus bisa menambah keindahan agar lantai tidak terlihat polos.

Pemberian alas di atas juga untuk menghindari gesekan pada permukaannya. Sehingga karpet lebih awet.

"Tapi kalau bahan yang kualitasnya bagus, untuk sekadar gesekan dari sepatu atau sendal, masih tahan," ujar pria 24 tahun asal Tembilahan ini.

Addin mengatakan, karpet hanya perlu dijaga dari benda tajam. Jika terlanjur sobek, alas lantai yang berkualitas bagus, tidak akan mudah melebar. (Tribunpekanbaru.com/Fernando Sihombing)

Penulis: Fernando Sihombing
Editor: ihsan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved