Berita Riau

Kaki Anak Gajah Luka Kena Jerat di Konsesi HTI Perusahaan di Riau, Kondisi Lemas dan Dehidrasi Berat

Gajah malang yang diperkirakan berumur masih dibawah 4 bulan itu, bagian kaki kiri depannya terluka. Diperkirakan, dia sudah terjerat selama 3 hari.

Istimewa
Seekor anak Gajah Sumatra berjenis kelamin betina, terkena jerat di kawasan konsesi Hutan Tanaman Industri (HTI) PT Rimba Peranap Indah (RPI). Kondisinya ditemukan pada Jumat (13/12/2019) 

PEKANBARU - Seekor anak Gajah Sumatra berjenis kelamin betina, terkena jerat di kawasan konsesi Hutan Tanaman Industri (HTI) PT Rimba Peranap Indah (RPI).

Kondisinya ditemukan pada Jumat (13/12/2019) lalu.

Gajah malang yang diperkirakan berumur masih di bawah 4 bulan itu, bagian kaki kiri depannya terluka. Diperkirakan, dia sudah terjerat selama 3 hari.

Kepala Bidang Wilayah I Balai Besar Konservasi dan Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau, Andri Hansen Siregar menjelaskan, awalnya pihaknya mendapat laporan dari karyawan PT RPI.

Bahwa ada seekor anak gajah yang terkena jerat di areal perusahaan.

"Waktu itu ditemukan pada hari Jumat (13 Desember 2019). Antara pagi atau siang. Saat itu mereka (karyawan perusahaan) mau melakukan penyelamatan. Tapi ada rombongan gajah dan induknya. Mereka takut diserang, akhirnya diurungkan," sebut Hansen, Senin (16/12/2019).

Lanjut dia, para karyawan kembali melakukan pantauan pada malam hari.

Ternyata rombongan gajah dewasa masih ada di sekitaran anak gajah yang terjerat itu.

"Sabtu pagi mereka cek lagi, rombongan gajah sudah pergi. Akhirnya pihak perusahaan melapor ke kita, untuk dilakukan penyelamatan," tuturnya.

Dijelaskan Hansen, diperkirakan anak gajah itu sudah terjerat lebih dari 3 hari. Hal ini terlihat dari kondisi luka di kaki gajah itu.

Seekor anak Gajah Sumatra berjenis kelamin betina, terkena jerat di kawasan konsesi Hutan Tanaman Industri (HTI) PT Rimba Peranap Indah (RPI). Kondisinya ditemukan pada Jumat (13/12/2019) lalu.
Seekor anak Gajah Sumatra berjenis kelamin betina, terkena jerat di kawasan konsesi Hutan Tanaman Industri (HTI) PT Rimba Peranap Indah (RPI). Kondisinya ditemukan pada Jumat (13/12/2019) lalu. (Istimewa)
Halaman
12
Penulis: Rizky Armanda
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved