Berita Riau

Tim Gabungan Kecamatan Koto Gasib Siak Riau Berjibaku Padamkan Api di Pangkalan Pisang

Pada simulasi itu, apel kesiapsiagaan, untuk pencegahan dan penanggulangan bencana karhutla langsung dipimpin Camat Koto Gasib, Dicky Sofyan.

Tim Gabungan Kecamatan Koto Gasib Siak Riau Berjibaku Padamkan Api di Pangkalan Pisang
TRIBUNPEKANBARU/MAYONAL PUTRA
Tim Satgas Gabungan tingkat kecamatan Koto Gasib melakukan simulasi pemadaman Karhutla, Selasa (17/12/2019) di Kampung Pangkalan Pisang, Kecamatan Koto Gasib, Siak, Riau. 

TRIBUNSIAK.COM, SIAK - Tim Satgas Gabungan pencegahan bencana alam di Kecamatan Koto Gasib, Kabupaten Siak terus melakukan patroli darat. Tim ini menemukan titik api Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Kampung Pangkalan Pisang, Selasa (17/12/2019).

"BMKG juga sudah mengirimkan informasi terkait titik api yang tertangkap satelitnya. Tim juga menemukan di lapangan, makan tim gabungan juga memberikan informasi ini melalui WA group," kata Kapolsek Siak Ipda Suryawan serta Danramil 10 Perawang, Kapten MTLTobing.

Ia menerangkan, awalnya tim gabungan dan masyarakat sudah melakukan pemadaman. Namun karena keterbatasan peralatan tim patroli ini tidak sanggup memadamkan api yang sudah membesar.

"Karena itu kami yang sudah membangun sinergitas langsung berkumpul di Polsek Siak dan langsung apel, lalu masing-masing pihak membawa peralatan ke titik api," kata dia.

Pihak yang terlibat selain TNI dan Polri, Camat Koto Gasib Dicky Sofyan beserta Damkar BPBD Siak cluster 3, Masyarakat Peduli Api (MPA) dan regu pemadam kebakaran (RPK) PT Kimia Tirta Utama (KTU).

"Kami Polri dan TNI tentu tidak puna peralatan pemadaman, nah pihak kecamatan, MPA dan perusahaanlah yang menurunkan peralatan ke lokasi," tambah dia.

Setelah apel dilaksanakan secara mendadak, tim gabungan ini langsung berjibaku melawan kobaran api di kampung itu. Karena kinerja di lapangan semakin kompak, si jago merah yang memamah semak belukar yang berdekatan dengan kebun masyarakat dapat dipadamkan.

Begitulah skenario simulasi pencegahan dan penanggulangan Karhutla di Koto Gasib. Simulasi tersebut benar-benar digelar secara natural, agar tim yang ikut melaksanakan tugasnya sesuai ketentuan.

Pada simulasi itu, apel kesiapsiagaan, untuk pencegahan dan penanggulangan bencana Karhutla langsung dipimpin Camat Koto Gasib, Dicky Sofyan. Apel kesiap siapagaan itu tidak hanya fokus pada pencegahan Karhutla namun juga pada bencana lain seperti banjir dan lain-lain di Koto Gasib.

"Kegiatan ini sebuah rangkaian pencegahan, kita lakukan di awal di kecamatan Koto Gasib. Sosialisi dan rapat koordinasi dengan pimpinan kecamayan untuk melakukan langkah -langkah preventif," kata dia.

Halaman
12
Penulis: Mayonal Putra
Editor: Nurul Qomariah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved