Siak

Rangkaian Kegiatan Gerhana Matahari Cincin di Siak Riau, Ada Agenda Nonton Film

Gerhana Matahari Cincin (GMC) di Riau. Fenomena alam ini dimanfaatkan oleh Pemkab Siak untuk menarik minat kunjungan wisata ke daerah itu.

Rangkaian Kegiatan Gerhana Matahari Cincin di Siak Riau, Ada Agenda Nonton Film
NASA
Gerhana Matahari cincin. 

SIAK - Kampung Bunsur, Kecamatan Sungai Apit, Kabupaten Siak, Riau telah ditetapkan oleh Pusat Sains Antariksa LAPAN (Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional) bersama Kota Singkawang Kalimantan barat, menjadi lokasi kegiatan pengamatan peristiwa Gerhana Matahari Cincin (GMC), 26 Desember 2019.

Fenomena alam ini dimanfaatkan oleh Pemkab Siak untuk menarik minat kunjungan wisata ke daerah itu.

Dalam menyaksikan peristiwa tersebut, Pemkab Siak membuat serangkaian event yang dikemas secara religi.

Pada event tersebut bakal digelar tabligh akbar, khutbah dan sholat gerhana berjamaah, zikir bersama, hingga selawat hadrah.

Rangkaian Festival GMC dimulai dua hari jelang hari H pelaksanaan, Selasa 24 Desember 2019 di Kampung Bunsur.

Agendanya adalah nonton bersama film edukasi GMC, demo mini planetarium dan pameran yang diadakan LAPAN, workshop kamera lubang jarum dan penayangan film Iqra II.

"Insyaallah dilanjutkan pada hari Rabu, 25 Desember dengan acara di dua tempat secara bersamaan. Di Siak Sri Indrapura malam harinya, akan digelar Sosialisasi Edukasi Gerhana Matahari CIncin, Tabligh Akbar dan Siak Berselawat bersama grup hadrah Al Musyaffa dari Pondok Pesantren Miftahul Quran Kerinci Kanan," kata Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Siak Fauzi Asni, Minggu (22/12/2019).

Pada saat yang sama kata dia, di Kampung Bunsur juga akan dilaksanakan Demo Mini Planetarium, Sosialisasi (Talkshow) hasil Litbang Lapan, penampilan puisi dari seniman Riau, hiburan tradisional dari orkes Melayu dan tarian tradisional. Acara akan diikuti rombongan Tour Ring Of Fire, yang terdiri dari 500 orang anggota klub otomotif, 200 orang anggota komunitas pelajar pencinta dunia antariksa dan 100 orang gabungan wartawan.

Puncak rangkaian GMC di lapangan Kampung Bunsur, Kamis (26/12/10), akan dibuka dengan hiburan selawat dan marawis, pembacaan Alquran dan tilawah, sambutan bupati Siak, Kepala LAPAN, Kementerian Pariwisata dan Gubernur Riau sekaligus membuka acara.

"Bapak Gubernur Riau dan Ketua Lapan Insyaallah sudah menyatakan akan hadir di Kampung Bunsur bersama kita. Puncak acara akan dimulai Pukul 10.20 WIB di mana proses gerhana akan mulai berlangsung," kata dia.

Halaman
12
Penulis: Mayonal Putra
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved